05 Des 2017 15:36

Banteng - Beringin Rival Berat

MyPassion

SITARO—Mulai bergulirnya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kepulauan Sitaro. Dipastikan PDIP dan Golkar bakal menjadi rival berat. Pasalnya, hanya partai berlogo banteng dan beringin yang bisa mengusung pasangan calon memperebutkan orang nomor satu di Sitaro.

 

Sebab kedua partai raksasa tersebut, merupakan partai yang memenuhi syarat, untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati, yakni 20 persen kursi DPRD. Karena PDIP memiliki 7 kursi atau 35 persen dan Golkar 4 kursi atau 20 persen.

Pantauan Manado Post, Golkar sudah memantapkan langkah untuk mencalonkan Takarendehang dan Parera, sebagai bakal calon yang akan diusung, pada pesta demokrasi tahun depan.

Keduanya merupakan figur muda, yang dipercaya dapat memenangkan partai beringin. Sekertaris DPD II Sitaro Woldewin Sasue, dalam setiap kesempatan mengatakan, ini sudah keputusan DPP. “Untuk itu, mari kita berupaya untuk memenangkan Pilkada 2018 mendatang," ujarnya.

Sementara, di Kubu PDIP masih dalam proses penjaringan, yang nanti akan diumumkan pertengahan Desember mendatang, dengan bakal calon bupati Evsngelian Sasingen SE yang merupakan calon terkuat, Ivone Bentelu, Helfrid Lombo dan Toni Rawung.

Sedangkan papan dua, diperebutkan Bob Janis, Jhon Janis, Netry Adrian dan salah satu birokrat Sulut Jhon Palandung.

Ketua DPC PDIP Sitaro Toni Supit SE MM mengungkapkan, penjaringan tersebut, memang dilakukan DPP dengan sangat hati-hati. "Agar PDIP, mampu meraih kemenangan pada ajang pesta demokrasi 2018 mendatang," singkatnya.

Terpisah pengamat Politik Okjen Kansil SAP mengungkapkan, sampai saat ini Sitaro, merupakan daerah basis PDIP terkuat, yang sudah mengakar hingga ke pelosok, Karangetang, Mandolokang dan Kolo-Kolo (Karamando).\

"Pilkada tahun depan, dapat menjadi ajang pembuktian Golkar, sebagai kekuatan yang layak diperhitungkan. Mengingat hingga saat ini, loyalitas masyarakat, terhadap PDIP, masih sangat tinggi," jelasnya.

Hal ini terbukti, dari kemenangan dua kali berturut-turut PDIP, dalam pesta demokrasi di Sitaro. Selain itu, semakin banyaknya kursi anggota legislatif yang diduduki partai berlogo banteng tersebut, semakin menguatkan eksistensi PDIP di Sitaro.

“Sebab hingga saat ini, kursi tertinggi dalam legislatif yakni Ketua DPRD masih dipegang kader banteng, yakni Djibto Bogar Tamudia. Namun ini menjadi tantangan dan cambuk, untuk menyemangati partai berlogo beringin," tandasnya.(drp/ria)

Kirim Komentar