01 Des 2017 09:58

Selamat Masa Raya “Pohon Terang“

MyPassion
Oleh: Pdt. David H. Tulaar

SECARA historis ada tiga hari raya utama yang dirayakan oleh Gereja, yaitu Paskah, Pentakosta dan Natal. Namun tiga hari raya ini berasal dari dua tradisi yang berbeda. Paskah dan Pentakosta berasal dari tradisi Yahudi, sementara Natal yang dirayakan pada 25 Desember berasal dari tradisi Romawi. Selain itu ada pula tradisi dari Mesir – yang berasal dari abad ke-3 – yang merayakan Natal Yesus Kristus pada setiap tanggal 6 Januari.

Tradisi ini masih dipelihara hingga kini oleh gereja-gereja Timur (yang lebih dikenal sebagai gereja-gereja Ortodoks) dan dikenal dengan nama Epifania yang berarti penampakan diri, hal kedatangan, hal kelihatan. Kata epifania muncul, misalnya, dalam Injil Yohanes 2:1: “Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.“

Epifania

Bagi gereja Timur, Epifania menandai permulaan pelayanan Yesus, mulai dari pembaptisan-Nya di sungai Yordan, dan bukan melulu kelahiran-Nya. Oleh karena itu tema-tema Epifania mencakup kisah kelahiran Yesus (Luk. 2:1-20; Mat. 1:18-2:12), kisah baptisan yang diterima Yesus sebagai permulaan pelayanan-Nya (Mrk. 1:9-11), kisah mujizat pada perkawinan di Kana (Yoh. 2:1-11). Kisah-kisah tersebut dinilai penting oleh Gereja-gereja Timur karena lebih jauh merefleksikan manifestasi kehadiran Allah di tengah-tengah umat manusia dan dunia, bahkan jauh lebih penting ketimbang kisah kelahiran Yesus itu sendiri (Rachman 2003:109-110). 

Tradisi perayaan Natal dari Mesir ini lebih tua dari tradisi Romawi (Rachman 2003:114). Bahkan perayaan Adven – yang kemudian menjadi Minggu-minggu Adven – lahir sebagai persiapan untuk merayakan Natal menurut tadisi dari Mesir ini (6 Januari) (lihat lebih lanjut Rachman 2003:107-116, dan McGowan 2014:249 dst.). Bagi Gereja-gereja Timur, Epifania adalah perayaan yang penting, sama pentingnya dengan perayaan Paskah. Gereja-gereja Barat juga merayakan Epifania pada 6 Januari, namun tidak semeriah perayaan Natal pada 25 Desember. Bahkan banyak gereja Reformasi – termasuk GMIM – sama sekali tidak memperingati Epifania.  

Masa Adven

Masa persiapan ini disebut adven (dari kata Latin adventus artinya kedatangan, pendekatan, hal mendekati, hal menyongsong).  Adventus adalah kata Latin yang sepadan dengan kata Yunani parousia, yang lazim dipakai untuk menunjuk pada kedatangan Kristus kembali.  

Menurut tradisi yang berkembang di Spanyol dan Galia pada abad ke-4, masa Adven berlangung selama tiga pekan sejak tanggal 17 Desember hingga perayaan Epifania pada 6 Januari. Di kemudian hari, masa Adven ini diperpanjang menjadi 40 hari. Seperti halnya pada masa pra-Paskah, masa Adven ini adalah juga masa puasa bagi umat untuk mempersiapkan diri merayakan Epifania.

Semula masa menyongsong atau Adven ini tidak ada dalam liturgi gereja Roma, melainkan hanya dalam liturgi gereja di Spanyol dan di Galia. Baru nanti setelah Natal mulai dirayakan oleh gereja Barat pada abad ke-4, masa Adven pun mulai dirayakan oleh gereja Roma (Abineno 1985:9-10). Namun, bagi gereja Roma masa Adven berakhir pada tanggal 24 Desember, sehingga lama Minggu-minggu Adven tidak lagi 40 hari, melainkan hanya mencakup empat hari Minggu sebelum hari Natal (Rachman 2003:113). Begitulah perayaan empat Minggu Adven memasuki tradisi gereja Barat dan kemudian diadopsi juga oleh gereja-gereja Reformasi atau Protestan, termasuk GMIM sekarang.

Dalam tradisi teologi Protestan, empat Minggu Adven dalam kalender gerejawi pada dasarnya hendak menggarisbawahi sifat ganda dari penantian, yaitu penantian akan ketibaan (adventus) Yesus Kristus dan penantian akan kedatangan-Nya kembali pada akhir zaman. Setiap hari Minggu Adven mengemukakan satu tema tertentu. Minggu Adven I: Yesus masuk ke Yerusalem; Minggu Adven II: Kedatangan kembali (parousia/adventus) Kristus; Minggu Adven III: Yohanes Pembaptis; Minggu Adven IV: Maria.

12
Berita Terkait
Komentar
  • MyPassion

    Decky Raintung
    01 Des 2017 11:16

    Agar postingan gbr, video dn penulisannya lbh tajam dn cepat..agar berita yg dikomsumsi publik Manado khususnya /Sulut lbh up to date..Thx.
Kirim Komentar