01 Des 2017 09:45

RSUD Manado Selesai 2018

MyPassion

MANADO—Kabar gembira bagi masyarakat Kota Manado. Sebab Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) bakal selesai tahun 2018. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Manado Dr Peter Assa mengatakan, anggaran untuk penyelesaian pembangunan RSUD Kota Manado sudah disetujui DPRD mencapai Rp 105 miliar. “Terdiri APBD Kota Manado 20 miliar dan pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebanyak 80 miliar,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan, anggaran Rp 20 miliar dari APBD akan dipergunakan untuk melanjutkan penyelesaian pembangunan gedung poliklinik dan ruang inap  empat lantai, juga lift.  “Sebab tahap pertama sudah dibangun pada 2017 ini dengan anggaran 15 miliar,” ujarnya.

Lanjutnya, anggaran Rp 80 miliar dari pinjaman PT SMI akan dipergunakan untuk bangunan induk RSUD Kota Manado. Meliputi kantor, ruang gawat darurat, rawat inap, radiologi, CT scan dan parkiran bawah tanah. ”Luas bangunan sekitar 9.000 m2 dengan konstruksi bangunan lima lantai,” bebernya.   

Dia mengatakan, masterplan lanjutan pembangunan RSUD Kota Manado sementara diproses. “Diperkirakan akhir Desember sudah selesai. Supaya awal Januari 2018 sudah lelang dan Februari sudah mulai pembangunan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bapelitbang Kota Manado Dr Liny Tambajong mengatakan, pembangunan RSUD Kota Manado sudah menjadi skala prioritas Pemerintah Kota Manado dibawa pimpinan Wali Kota DR Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan. ”Pembangunan RSUD Kota Manado akan menjawab kerinduan masyarakat. Juga komitmen pemerintah untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan,” tandasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar