30 Nov 2017 15:11

30.676 Warga Belum Rekam E-KTP

MyPassion

MINUT—Sebanyak 30.676 warga Minahasa Utara (Minut) belum rekam E-KTP. Dari data yang ada, sebanyak 163.786 penduduk wajib E-KTP, baru 133.110 warga yang sudah merekam.

 

"Pertanggal 1 November, yang sudah merekam E-KTP 76.67 persen. Sedangkan belum merekam sekira 23.33 persen. Dari daerah lain, Minut sudah cukup banyak yang merekam," kata Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Deddy Item, Rabu (29/11) kemarin.

Diharapkannya, warga yang belum merekam di 10 kecamatan se-Minut, untuk segera melakukan perekaman. “Agar ditahun 2017 ini, semua sudah 100 persen memiliki E-KTP. Begitu pun dengan akte kelahiran. Saya mengimbau, agar masyarakat membuat akte kelahiran bagi anak-anak. Jangan nanti sudah waktu mendesak, baru urus akte," tukasnya.

Terkait ketersediaan blanko E-KTP, hingga saat ini masih tersedia. Bahkan dijelaskan Item, pencetakan blanko E-KTP tak hanya bagi yang baru merekam. “Tetapi juga bagi warga yang KTP nya hilang ataupun rusak, saat ini sudah dilayani,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Disdukcapil Suzana Katuuk menjelaskan, ketersediaan blanko saat ini cukup untuk warga yang akan merekam hingga akhir tahun ini. “Bahkan bagi yang akan mengganti KTP karena alasan hilang atau rusak. Tetapi kalau hilang harus ada keterangan dari pihak kepolisian dan yang rusak, aslinya harus dibawah dilengkapi dengan dokumen lainnya,” jelas Katuuk.

Sembari menambahkan, sangat diharapkan warga yang belum merekam E-KTP agar secepatnya melakukan perekaman.(tr-01/ria)

Kirim Komentar