25 Nov 2017 09:06

Pengunjung Pantai Patokan dan Tanjung Silar Membludak

MyPassion
MENGAGUMKAN: Indahnya pasir putih Pantai Patokan dan eksotisnya Tanjung Silar, menarik perhatian wisatawan. Foto: Lucky Mamahit/MP

Pantai Patokan dan Tanjung Silar terletak di Desa Jiko Port, Kecamatan Motongkad, Boltim. Lokasi wisata yang lagi viral ini menarik perhatian banyak pengunjung. Terutama di akhir pekan.

 

Laporan: Lucky Mamahit, Boltim

SEJAK di upload beberapa bulan lalu oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bolaang Mongondow Timur (Boltim), lokasi yang berada di pesisir timur Totabuan ini semakin ramai. Setiap hari, terus terjadi peningkatan pengunjung, bahkan melonjak tinggi saat akhir pekan.  Untuk menuju dua destinasi wisata yang masih perawan tersebut, tak memakan waktu lama.

Dari Tutuyan, Ibukota Boltim, hanya membutuhkan waktu setengah jam. Kalau dari arah Kotamobagu, perjalanan sekira satu jam. Setiba di Desa Jiko Port, pengunjung akan disabut hangat warga sambil menawarkan transportasi perahu menuju lokasi. Tak mahal, warga hanya meminta Rp 20 ribu untuk antar jemput penumpang yang penasaran dengan indahnya pasir putih Pantai Patokan dan eksotisnya Tanjung Silar.

Kepala Desa Jiko Utara Maxwell Tampone menjelaskan, saat ini ada 30 unit perahu milik warga Jiko Utara dan Jiko Induk. Perahu serta pengemudi siap antar jemput pengunjung. "Bagi pengunjung yang memiliki kendaraan, ada lahan milik warga yang bisa jadi tempat parkir baik motor dan mobil. Memang, pemilik lahan minta uang parkir, tapi hanya Rp 5 ribu untuk mobil, dan Rp 2 ribu untuk motor. Dan kendaraan dijamin aman," tukasnya.

Ditambahkannya, demi kemanan setiap pengunjung, maka barang bawaan akan diperiksa warga yang bertugas. "Kita hanya ingin menjamin kemanan dan kenyamanan setiap pengunjung. Kita jaga, jangan sampai ada yang bawa minuman keras (miras) atau peralatan yang membahayakan," ujar Tampone.

Dia juga mengakui beberapa pekan terakhir terjadi lonjakan pengunjung. Untuk hari biasanya, Tampone mengaku, kunjungan ada sekira 200 orang. "Akhir pekan lalu, pengunjung sampai 3.000 orang. Kita bahkan kesulitan mengatur pengunjung," ujarnya saat berbincang di teras rumahnya yang berhadapan dengan pantai.

12
Kirim Komentar