25 Nov 2017 10:48
Setiap Kelompok 25 Juta

Desember, Fakir Miskin Terima `Kado`

MyPassion
TINGKATKAN TARAF HIDUP: Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Patricia Anis (tengah), bersama penerima bantuan faskir miskin saat sosialisasi, di kantor Dinsos PMD, Jumat (24/11) kemarin. Foto: Dewi Muntia/MP

MINUT—Desember nanti, sebanyak 360 warga fakir miskin, yang tergabung di 36 kelompok akan menerima bantuan. "Bantuan fakir miskin ini dibanderol Rp 900 juta. Karena setiap kelompok dapat bantuan Rp 25 juta. Dan untuk tahun ini ada 36 kelompok yang akan menerimanya. Serta dananya akan cair awal bulan depan," kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Patricia Anis SE, di kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD), Jumat (24/11) kemarin.

 

Lanjutnya, setiap tahun penerima bantuan ini bisa meningkat dan berkurang. Tergantung dananya. “Sebelum dana dana dicairkan, diberikan sosialisasi terlebih dulu. Agar jangan salah arah. Jangan sampai saat mendapat bantuan hanya dijual," terangnya.

Untuk bantuan ini sebutnya, tidak dalam bentuk uang tunai. Tapi bahan, itu pun sesuai dengan permintaan tiap kelompok atau penerima. Dan sesuai kebutuhan mereka. “Misalnya usaha apa yang akan dijalankan. Ini semacam pengembangan usaha. Jika bantuan bahan diperuangkan," jelasnya.

Dijelaskannya, untuk penerima bantuan ini, yang sudah memegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Dengan terpenuhinya 14 syarat yang ditentukan dari Kementerian, karena dananya dari APBN.

Terpisah, Kepala Dinsos PMD DR Cakrawira Gundo mengharapkan, lewat bantuan ini ekonomi penerima akan meningkat. “Dan sangat diharapkan kedepan, penerima ini tidak lagi terdaftar sebagai penerima faskir miskin tahun berikutnya. Karena taraf hidup mereka sudah meningkat," tukasnya. Sembari menambahkan mereka akan tetap diawasi dan dampingi. Karena mereka harus buat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ).(tr-01/ria)

Kirim Komentar