23 Nov 2017 12:01
Kuhu: 15 Desember, Harus 100 Persen

Realisasi Anggaran 47 Perangkat Daerah Jongkok

MyPassion
SERIUS: Sekkab Jemmy Kuhu didampingi Asisten I Rivino Dondokambey, Asisten II Allan Mingkid memimpin rapat EPRA bersama 48 Perangkat Daerah belum capai target, Rabu (22/11) kemarin. Foto: Dewi Muntia/MP

MINUT—Sebanyak Rp 876 miliar pagu anggaran APBD Tahun 2017 belum terserap maksimal. Pasalnya, hingga 31 Oktober, baru Rp 578 miliar atau 65,95 persen yang terealisasi. Padahal, tahun anggaran tak sampai sebulan lagi berakhir.

"Ada 48 perangkat daerah, yang realisasinya tidak sampai 80 persen. Bahkan ada yang 60 persen," kata Asisten II Allan Mingkid, usai rapat koordinasi Evaluasi Penyerapan Realisasi Anggaran (EPRA), di ruang Sekkab, Rabu (22/11) kemarin.

Dibeberkannya, seperti di Badan Keuangan, penyerapan anggaran masih kecil karena dandes yang dititipkan di situ belum dicairkan. Begitu juga DPRD, dana belum dicairkan bulan lalu sesuai PP 18.

“Selain itu, Dinas PU, Pertanian dan Kesehatan, terkait tender proyek yang fisiknya sudah sementara jalan. Jadi ada alasan kenapa masih minim penyerapannya,” ungkap Mingkid.

Terpisah, Sekkab Ir Jemmy Kuhu MA menegaskan 15 Desember nanti, yang berada di zona merah atau belum capai target, harus selesai 100 persen.

Lanjutnya, untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) harus sesuai juknis. Kalau tidak, dananya tidak bisa cair. Bulan depan katanya, akan ada rapat EPRA, yang dipimpin langsung Bupati. “Dengan harapan, mudah-mudahan di akhir ini, yang mendapat rapor merah bisa capai 80 persen. Dan bulan depan harus capai 95 atau 98 persen," tukas Kuhu. (tr-01/ria)

Komentar
Kirim Komentar