21 Nov 2017 10:16

Hebat! Wagub Jadi Guest Speaker di APEC

MyPassion
DIPERHITUNGKAN: Wagub Drs Steven Kandouw saat menjadi salah satu pembicara di 4th APEC EWG di Welington, New Zealand.

MANADO—Menjadi kebanggaan Provinsi Sulawesi Utara, kembali bisa berbicara di dunia internasional. Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw, kemarin dipercaya menjadi salah satu pembicara di 4th Asia Pacific Economic Cooperation (APC) EWG di Wellington, New Zealand. Dalam pemaparannya, Wagub Kandouw memaparkan perencanaan sistem energi terpadu daerah terpencil kepulauan.

Kandouw mengatakan, forum seperti ini sangat penting, khususnya Sulawesi Utara yang memiliki wilayah kepulauan. “Dalam materi, saya memaparkan tentang kemajuan perencanaan sistem energi terpadu untuk pemerataan energi berkelanjutan bagi masyarakat terpencil kepulauan utara di Sulut,” sebutnya. Di samping itu, disinggung juga mengenai rencana penerapan Low Carbon Model Town (LCMT) yang bakal dilakukan di Kota Bitung.

Seperti diketahui, Kelompok Kerja Energi (EWG) berusaha untuk mencapai tujuan APEC lebih lanjut dalam memfasilitasi perdagangan dan investasi energi di wilayah APEC dan memastikan bahwa energi berkontribusi pada peningkatan ekonomi, sosial dan lingkungan masyarakat APEC.

Memang EWG bertemu secara resmi dua kali setahun untuk mengadakan dialog mengenai isu-isu energi utama yang mempengaruhi kawasan APEC, berbagi informasi mengenai perkembangan sektor energi yang penting, dan untuk meninjau kemajuan proyek dan inisiatif saat ini yang dirancang untuk mencapai tujuan dan sasaran EWG.

Selandia Baru menjadi tuan rumah pertemuan ke-54 Kelompok Kerja Energi APEC (EWG), yang diselenggarakan di Wellington antara 20 – 24 November 2017. Sebagai perwakilan APEC EWG Selandia Baru, MBIE adalah badan penyelenggara untuk pertemuan ini. Tugas Hosting berputar di antara ekonomi anggota, Selandia Baru diharapkan menjadi tuan rumah pertemuan APEC EWG kira-kira setiap sepuluh tahun sekali.(gel/*)

Kirim Komentar