21 Nov 2017 11:29

Dandes Berkurang 4 Miliar

MyPassion

BOLTIM—Dana desa tahun 2018 mengalami penurunan sebesar Rp 4 miliar. Data tersebut didapatkan dari Badan Keuangan Boltim. Diketahui dari 80 desa, tahun ini dandes Boltim berjumlah Rp 63 miliar.

 

Diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Slamet Umbolah, dirinya pun sudah mengetahui hal tersebut. “Iya benar, memang tahun depan dana desa berkurang,” ungkap Umbolah. Ditambahkan, pengurangan dana desa yang merupakan dana transfer dari pusat belum diketahui penyebabnya.

Namun, menurut mantan Kabag Humas ini, ini merupakan dana pusat, maka kemungkinannya adalah karena negara mengalami permasalahan keuangan. “Ini kan berdampak ke semua daerah. Bisa saja, asumsi pendapatan negara berkurang untuk APBN 2018. Makanya berdampak juga pada dana transfer ke daerah,” ungkapnya.

Umbolah juga menambahkan, pengurangan juga terjadi kemungkinan karena selama ini Boltim menerima dana desa untuk 81 desa. Namun, dalam pemanfaatan anggaran, 1 desa yaitu Molobog Timur yang sudah terdaftar di kementerian, belum bisa dilaksanakan. “Molobog Timur ini masih dalam permasalahan, meskipun di pusat masih terdaftar. namun ini belum bisa dipastikan,” tandasnya.

Namun, menurut Umbolah meskipun dandes mengalami pengurangan, namun untuk Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari daerah mendapat penambahan, ada penambahan sekitar Rp 240 juta. |Tahun ini alokasinya Rp 35,4 miliar, menjadi Rp 35,6 miliar untuk tahun 2018,” ungkapnya. Sementara itu, Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit, beberapa kali memperingatkan para kepala desa soal pengelolaan keuangan desa. “Libatkan semua masyarakat. Kemudian kembangkan potensi yang ada di desa,” tandas Gumalangit.(cw-02/gnr)

Kirim Komentar