17 Nov 2017 10:40

Pelopor Usaha Pariwisata Sulut Johnny Lieke Raih Gelar Doktor

MyPassion
RAIH GELAR DOKTOR: Johnny Lieke saat diwisuda kemarin (16/11).

BANYAK yang kita bisa belajar dari Johnny Lieke.  Pada tahun 1980, Johnny merupakan pelopor bioskop di Bumi Nyiur Melambai, membuka 8 bioskop termasuk Bioskop Plaza. Kala itu, bioskop merupakan tujuan pariwisata domestik.

Gebrakan demi gebrakan pariwisata dilakukan Johnny.  Salah satunya ialah sebagai Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulut.  Gebrakannya luar biasa, hotel-hotel bermunculan di Sulawesi Utara. Puluhan tahun Pak Johnny promosi Sulut di mana-mana. Bersama istri Ilawaty Wijaya, dalam BAKOM PKB, turut memprakarsai dan membangun Taman Kesatuan Bangsa Manado.

Kini di usia 69 tahun, pria kelahiran Tobelo Maluku Utara ini bukan meredup, malah kemarin meraih gelar Doktor di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). Bahkan, dengan predikat Lulus Sangat Memuaskan.  Yang sangat menarik disertasi Johnny ialah tentang meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan terhadap rakyat ‘kecil’.  Judul disertasinya ialah Perlindungan Hukum Terhadap Outsourcing (Tenaga Kerja Kontrak, red) di Indonesia Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia.

 “Semua keberhasilan karena anugerah Tuhan,” ujar Lieke singkat.  “Jadi kita semua harus saling bantu dan mengabdi bagi Sulut,” tambahnya.

Johnny lahir di Tobelo Maluku Utara pada tahun 1948 dan merupakan putra pasangan Lie Thin Siong (Alm) dan Yong Kam Fong (alm).  Tahun 1989, Johnny  menyelesaikan pendidikan S1 di Unsrat Jurusan Hukum. Di tahun 1998, menyelesaikan S1 di STIE Eben Haezar Jurusan Manajemen. Pria yang aktif di berbagai organisasi ini, kemudian melanjutkan kuliah S2 di dua universitas berbeda. Yakni Unsrat dan STIE Widya Jayakarta Jurusan Manajemen Marketing. Pada 2012, lanjut S3 di Program Studi Ilmu Hukum di Unsrat Manado.

Di tahun 1974, pria yang setia membela rakyat kecil ini, menikahi Ilawati Widjaya. Pasangan Johnny-Ilawati sukses mendidik anak-anak. Yakni, Nicho Lieke (42), Lenny Lieke (39) dan Audy Lieke (36).  Semuanya berhasil lulus S2.

Nicho Lieke kini sudah menjadi pengusaha wahid nasional dan pemilik kebun kelapa sawit sebesar 120,000 hektar di Sulteng dan Sulsel. Memiliki usaha tambang Mangan di Lampung yang dijadikan bahan batu battery. Nicho lulus S1 dari Wharton School of Business (Amerika) satu sekolah dengan Presiden Donald Trump maupun bekas Wakil Presiden RI Boediono. Nicho lulus S2 dari University of Oxford (Inggris), sekolah tertua di dunia.

Senada, Lenny Lieke sukses berusaha di bidang perhotelan dan Spa di Malaysia, lulus S2 dari Australia.  Lenny fasih 5 bahasa. Paling bungsu,  Audy Lieke sempat menjadi anggota DPRD Kota Manado dan calon anggota DPR RI, belum lama ini. Audy lulus dari Amerika. “Trend global yang harus kita cermati ialah China Belt and Road Innitiative. Pak Gubernur Olly Dondokambey sangat hebat.  Kita dukung.  Ini akan merubah peta dunia,” ucap Lieke yang menjabat Ketua Umum Indonesia China Business Council (ICBC) Sulut, suatu perhimpunan pengusaha yang menjembatani kerja sama antara Indonesia dengan China. (vip)

Kirim Komentar