16 Nov 2017 13:14

514 Pengendara Ditilang, Denda Bisa Sampai 3 Juta

MyPassion

BITUNG—Kesadaran tertib lalu lintas di Bitung masih sangat minim. Ini melihat hasil Operasi Zebra 2017 yang mencapai 514 surat tilang.

 

Menurut Kanit Turjawali Satlantas Polres Bitung Ipda Hajir Eato, pelanggaran yang paling banyak ditemukan adalah lampu rem tak berfungsi. “Serta berkendara tidak menggunakan helm,” ujarnya.

Lanjutnya, pelanggaran lampu rem cukup berbahaya karena berpotensi menyebabkan kecelakaan. “Karena kendaraan di belakang tidak akan mengetahui ketika kedaraan di depan berhenti. Tidak menggunakan helm juga beresiko besar bahkan bisa menyebabkan kematian, jika terjadi laka,” katanya.

Dia juga menekankan, tujuan Operasi Zebra sebenarnya untuk mengurangi fatalitas kecelakaan lalu lintas. “Dalam penilangan kami sudah menggunakan sistem e-tilang dengan nominal denda bervariasi. Jadi para pelanggar tidak harus menunggu sidang, pun bisa langusung bayar denda di bank. Dengan bukti pembayaran itu, mengembalikan barang sitaan. Juga bukti pembayaran bank ini akan diserahkan ke pengadilan,” terangnya sambil menambahkan variasi denda tilang mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 3 juta.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Bitung AKP Andri Permana mengatakan, Oprasi Zebra telah dilaksanakan sekira dua pekan. “Hal ini pun dilakukan dalam rangka cipta kondisi menjelang Natal dan Tahun Baru. Untuk lokasi operasi telah dilakukan di semua titik di Bitung. Kami mengharapkan ada efek jerah dari pengendara baik roda dua dan roda empat, untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku sewaktu berkendara,” singkatnya.(cw-03/can)

Komentar
Kirim Komentar