15 Nov 2017 14:35
Menteri PUPR Sambangi Bolmong

Waduk 1,6 Triliun Ditargetkan Tuntas 2019

MyPassion
TINJAU LANGSUNG: Menteri PUPR Basoeki Hadimuljono, didampingi Bupati Yasti Mokoagow saat berada di lokasi Waduk di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Bolmong, Selasa (14/11). Foto: Tjip/RB

LOLAK—Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimuljono, meninjau pembangunan waduk yang dibangun pemerintah pusat di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Selasa (14/11).

 

Kehadiran pengguna kendaraan dinas bernomor polisi RI 35 bersama para petinggi Kementerian PUPR-RI ini, disambut Bupati Bolmong Yasti Mokoagow, didampingi Wakil Bupati Yanny Tuuk dan jajaran pemkab. Selain dari Kementerian, hadir pula Anggota Komisi V DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan Nursyirwan Soejono.

Setiba di lokasi, Menteri PUPR bersama rombongan langsung dijamu makan siang di kantor pusat pengawasan waduk Pindol. Usai makan siang, langsung dilanjutkan dengan peninjauan lokasi proyek raksasa berdurasi multi years itu. Saat meninjau lokasi, Basuki terlihat kagum dengan lokasi bendungan yang dibangun medio 2015 lalu. Kepada wartawan Basoeki berharap, pembangunan waduk seluas 178 hektare ini bisa membawa manfaat untuk Bolmong pada umumnya. Apalagi katanya, Bolmong merupakan lumbung berasnya Sulut.

“Ini merupakan jawaban dari Nawacita Presiden Jokowi, yaitu membangun dari pinggiran, dan salah satunya adalah fasilitas seperti ini. Tentu yang diharapkan adalah manfaat atas adanya bendungan Pindol ini,” kata Basuki, di sela peninjauan lokasi.

Lebih lanjut, dia menuturkan, waduk Pindol merupakan waduk ke-33 se-Indonesia. Yang saat ini sementara dibangun pemerintah pusat dengan total anggaran Rp 1,6 triliun. Waduk Pindol ditujukan untuk mengairi 2.200 hektare sawah se-Bolmong. Selain tujuan irigasi, juga untuk menjawab kekurangan pasokan listrik di Bolmong. “Karena waduk Pindol juga akan dibuatkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan daya 2,6 megawatt. Juga untuk kebutuhan sarana air bersih dengan kemampuan tampung sebanyak 500 liter per detik,” tutur Basuki. Di sisi lain, dia mengapresiasi progress pembangunan Waduk Pindol yang terbilang cepat. Sehingga itu, bisa dipastikan selesai 2019.

Sementara itu, personel Komisi V DPR-RI Nursyirwan Soejono, selaku mitra kerja Kementerian PUPR mengaku, ini sudah menjadi program pemerintah dan patut didukung penuh DPR-RI. “Tidak ada yang perlu diragukan. Kita jamin dari satiap tahun penganggarannya. Apalagi saat ini ditargetkan selesai 2019. Yang terpenting bahwa ini tidak hanya sekadar membangun bendungan saja. Tapi juga manfaatnya itu yang utama,” tukasnya.

Atas kunjungan dari Menteri PUPR-RI bersama rombongan, Bupati Yasti Mokoagow menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat. “Kepada Presiden Jokowi, pihak kementerian dan komisi V DPR RI. Yang telah mengalokasikan anggaran pembangunan waduk di Bolmong,” tandas Yasti.(MPG/gnr)

Komentar
  • MyPassion

    replica rolex
    24 Nov 2017 14:58

    "Neptune" concept art watch, Parkinson's new omega replica appearance, with a gradient color aesthetics of fake watches the design, solar radiation from the center to the dial around, the sun shines under the replica watches uk watch was exceptionally bright, showing different colors at different angles. As if exposure to the vast universe, it is unfathomable, there is an unknown mystery, to swiss replica watches attract you to explore.
Kirim Komentar