15 Nov 2017 14:19

Tiga Rumah di Tondano Porak-poranda Dihantam Puting Beliung

MyPassion
PORAK-PORANDA: Rumah yang terdampak putting beliung di Kelurahan Kiniar Kecamatan Tondano Timur, Selasa (14/11) kemarin. Foto: Julius Laatung/MP

MINAHASA—Puting beliung menghantam tiga rumah di Kelurahan Kiniar Kecamatan Tondano Timur, Selasa (14/11) kemarin. Informasi yang dihimpun, kejadian terjadi sekira pukul 14.00 Wita. Tiga rumah di Lingkungan IV porak poranda akibat angin kencang selama sekira 15 menit. Upaya penanganan pun langsung dilakukan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Johanis Pesik melalui Kepala Seksi Kedaruratan Arthur Lontaan menuturkan, tim reaksi cepat langsung turun begitu mendapatkan informasi. “Begitu dapat info kita langsung turun dan mengevakuasi serta membantu warga setempat dan juga menyelamatkan sisa-sisa puing rumah,” ujar Lontaan.

Dia menambahkan, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. “Bersyukur tidak ada korban jiwa, hanya tiga rumah yang terdampak,” tambahnya. Dari tiga rumah terdampak, dia melanjutkan, dua rumah diantaranya rusak berat. “Diperkirakan kerugian material berkisar puluhan juta rupiah. Kita juga tengah berkoordinasi dengan dinas terkait guna penanggulangan korban pasca bencana,” tambah Lontaan.

Sementara, Fike  Korengkeng, salah satu korban mengatakan, kejadian berlangsung dengan cepat sehingga menyebabkan mereka tak sempat menyelamatkan barang berharganya. “Jadi tiba-tiba saja, angin kencang, dan memang waktu itu cuaca mendung, tapi kami bersyukur tidak ada yang menjadi korban,” tuturnya.

Dia berharap peran aktif pemerintah membantu korban lebih khususnya bantuan material guna merenovasi kembali bangunan rumah yang ambruk. “Lebih penting sebenarnya bantuan bahan material. Karena rata-rata atap rumah kami sudah terbang disapu angin,” keluhnya

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Royke Kaloh melalui Sekretaris Dinas Denny Tualangi mengatakan proses pendataan langsung dilakukan guna menyalurkan bantuan bahan makanan. “Sementara didata, jumlah korban yang akan kita berikan bantuan. Pertama-tama tentunya bantuan natura. Setelahnya, akan kita usulkan bantuan bahan material,” singkatnya. (cw-01/fgn)

Kirim Komentar