15 Nov 2017 08:00

Selamat Datang Presiden Jokowi

MyPassion
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat tiba di Bandara Sam Ratulangi, Manado. Foto: Biro Setpres

MANADO—Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi Kota Manado. Tepat pukul 00.20 WITA (15/11), Pesawat Kepresidenan Indonesia mendarat di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara.

Diketahui kedatangan Jokowi terkait Kongres GMNI XX yang berpusat di Sulut. Presiden akan membuka Kongres Trisakti Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ke-20. Presiden akan kembali ke Jakarta dan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada sore hari.

Sebelumnya Gubernur Olly Dondokambey, Wagub Steven Kandouw, dan Sekprov Edwin Silangen kemarin siang memantau langsung Graha Gubernuran Bumi Beringin, lokasi pelaksanaan Kongres Nasional GMNI XX, acara tunggal yang akan dihadiri Jokowi. Di sela-sela memantau, Olly mengatakan Provinsi Sulawesi Utara harus berbangga bisa kembali menjamu orang nomor satu di Indonesia.

“Mari kita menjaga ketertiban bersama,” ujar Olly. Lanjutnya, berbagai persiapan sudah hampir matang. Bahkan tim dari pasukan pengamanan presiden (Paspampres) sudah tiba di Manado untuk memantau persiapan. “Kita siap menyambut Pak Presiden,” singkatnya. Di samping itu, Olly juga meminta pengamanan pada Jokowi harus bersifat soft, menyesuaikan dengan tipikal Jokowi yang dikenal sangat merakyat. Pemprov pun terus mematangkan persiapan kehadiran presiden. Sore hingga malam kemarin digelar rapat terbatas di kediaman gubernur di Kolongan yang berkaitan dengan kunjungan presiden.

Di sisi lain, dari pantauan sejak tadi malam Graha Gubernuran dan sekitarnya sudah disterilkan. Sejumlah polisi dan TNI yang memakai seragam berjaga. Bahkan tak lagi sembarangan orang bisa memasuki lokasi ini. Seluruh instansi terkait dikerahkan mengamankan kedatangan Jokowi. Mulai dari TNI AD, AL, AU dan Polri serta satuan Satpol PP, Damkar, Dinas Perhubungan dipersiapkan.

Kadis Penerangan Korem 131/ Santiago Mayor Infanteri Fathan Ali menerangkan lewat semua korps personil telah siap mengamankan kedatangan presiden. Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol IbrahimTompo SIK Msi juga menyebutkan, 680 Paspampres dikerahkan. “Juga melibatkan semua fungsi teknis,” ungkapnya.

Pangdam XIII Merdeka Mayor Jendral TNI Ganip Warsito semalam melakukan pemeriksaan terakhir beberapa pasukan TNI yang melakukan pengamanan. Kepada pasukan Ganip mengatakan, harus berani, sopan, dan tegas dalam melakukan pengamanan nantinya. Sekira 15 menit Ganip memeriksa ruangan yang rencana didatangi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Diketahui kedatangan Jokowi terkait Kongres GMNI XX yang berpusat di Sulut. Ketua Badan Pekerja Kongres GMNI XX Mikson Makulu mengatakan, persiapan dari panitia sudah matang. Dipastikan juga akan hadir peserta dari seluruh Indonesia karena menurutnya ini kegiatan nasional. “Dalam rundown acara kongres ini akan dibuka Presiden Joko Widodo, juga akan hadir Menteri Pemuda dan Olahraga dan Kapolri. Namun itu masih dalam tahap komunikasi lebih lanjut,” sebutnya, sembari menambahkan Jokowi hadir untuk membuka acara sedangkan menteri dan Kapolri akan menjadi pemateri dalam kongres nanti.

Di lokasi acara tadi malam, terlihat beberapa karangan bunga ucapan selamat atas digelarnya kongres ini dari beberapa pejabat negara. Di Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Ketua DPD-RI Oesman Sapta Odang.(ctr-03/gel

Kirim Komentar