15 Nov 2017 09:15
Bantu Sterilkan Jalur ke Arah RSUP Kandou

Ring Road III Solusi Macet Manado

MyPassion

MANADO—Kemacetan Kota Manado yang kian parah harus dicarikan solusi. Salah satunya membangun ruas jalan baru yang bisa dijadikan alternatif pengguna jalan. Setelah ring road I dan ring road II, pemerintah rencana membangun Manado Outer Ring Road (MORR) III. Ruas jalan sepanjang 10-11 Km ini rencananya akan dibangun di Winangun tembus Kalasey. “Ini merupakan terobosan Pemprov dalam mengurai kemacetan di Kota Manado, apalagi di jalur Malalayang. Di sana kita memiliki RSUP Kandou yang butuh steril dari macet,” tegas Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sulut Steve Kepel menuturkan pengerjaan akan dilakukan tahun depan setelah pembebasan lahan tuntas dengan anggaran dari APBN. Di sisi lain, Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman Desmar Laoh mengatakan, proses pembebasan lahan sudah sekira setengah dari jalur. “Anggarannya dalam APBD 2017 dialokasikan 120 miliar dan mungkin tuntas tahun depan,” tuturnya. Di tahapan ini, lanjut Laoh, dimudahkan dengan lahan Hak Guna Usaha (HGU) Pemprov yang mencapai dua kilometer. "Minggu depan sudah mulai dilakukan pembayaran. Tim appraisal sudah melakukan penilaian terhadap tanah yang kena," ucapnya.

Sementara menurut Kakanwil BPN Sulut Freddy Kolintama, 103 bidang tanah sudah diselesaikan. Itu berada di Kalasey Satu, Kalasey Dua, dan Sea. “Dalam jalur tersebut juga terdapat perubahan jalur karena terkena tower listrik yang membuat keadaan di lapangan harus berubah,” bebernya. Pun ada beberapa keberatan dari masyarakat. “Pemerintah sudah berusaha sebaik mungkin dan rencananya tahun depan selesai. Namun itu harus didukung partisipasi masyarakat agar semua program cepat diselesaikan demi kepentingan publik,” tandasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Manado Peter Karl Bart Assa mengatakan, sebagai bentuk dukungan Pemkot Manado, pihaknya diminta membebaskan lahan jalan di wilayah Kota Manado. ”Tapi kami masih menunggu surat dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), terkait pembebasan lahan yang menjadi bagian Pemkot Manado,” ujarnya. Selain itu, pihaknya juga akan membuat jalan penghubung dari Jalan Ring Road tiga, jika nanti sudah selesai dibangun.

Pengamat transportasi Dr James Timboeleng mengatakan, jika MORR III sudah selesai dibangun akan mengurai kemacetan di jalur Malalayang-Bahu dan pusat Kota. “Karena kendaraan sebagian akan berpindah ke jalan ring road. Contoh dari arah Malalayang jika ingin ke bandara, arah Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara (Mitra), dan Tomohon, tidak harus melintasi pusat kota, tetapi bisa lewat jalur cepat MORR III,” ujarnya.

Begitu juga sebaliknya, kata dosen Fakultas Teknik Unsrat itu,  dari arah Kecamatan Mapanget, Paal Dua, Kota Bitung Minut dan Tomohon yang hendak ke Malalayang dan Tateli tidak harus melewati pusat Kota, tetapi sudah melalui MORR. ”Kami berharap pembangunan MORR III cepat dilaksanakan, sehingga dapat mengurai kemacetan di Kota Manado,” harapnya.(baladewa/ite/gel)

Kirim Komentar