14 Nov 2017 10:04

Tatong Pantau Lokasi Banjir

MyPassion
Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara meninjau lokasi banjir kemarin (13/11).

KOTAMOBAGU—Banjir yang melanda Kampung Baru, Kelurahan Kotamobagu, Jumat pekan lalu, mendapat perhatian Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara. Tatong pun turun meninjau lokasi banjir kemarin (13/11) didampingi sejumlah perangkat daerah. Di antaranya Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat (Disperkim), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan sejumlah anggota DPRD Kotamobagu.

Menurut Tatong, penyebab banjir karena tidak ada talud di sebagian bibir sungai. Serta bantaran sungai yang sudah digunakan masyarakat untuk pondasi bangunan dan aktivitas lainnya.

“Setelah melalui rasionalisasi anggaran bersama sejumlah instansi teknis, 2018 nanti telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 3 miliar lebih, untuk pembuatan tanggul sepanjang 700 meter khusus sungai yang melintasi Kampung Baru ini,” ujarnya.

Lanjut Tatong, melihat topografi Kotamobagu yang berkontur miring, maka harus ada penanggulangan jangka panjang. “Yaitu dengan pembuatan embung di sejumlah titik rawan banjir,” katanya.

Embung ini akan dibuat di beberapa titik untuk mengantisispasi derasnya air yang masuk dengan cepat. “Kalau kita tidak merencanakannya dengan tepat, maka topografi kita akan membawa masalah setiap saat,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Tatong kembali menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai. Dia meminta masyarakat waspada terhadap perubahan cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini. (*/can)

Kirim Komentar