14 Nov 2017 13:55

Tak Lewat November, 68 M Dandes Tahap II Siap Cair

MyPassion

MINAHASA—Kabar gembira bagi 227 desa di Minahasa. Pasalnya, Dana Desa (Dandes) tahap dua bakal segera dicairkan. Sebanyak Rp 68 miliar, atau 40 persen dari total Dandes bakal disalurkan di tahap dua ini. “Ditargetkan, Dandes Tahap dua paling lambat di pekan terakhir November,” beber Kepala Dinas PMD Pemkab Minahasa Djeffry Sajow melalui Sekrertaris Ronald Rundengan.

Sementara untuk Alokasi Dana Desa (ADD), lanjutnya, sudah mulai disalurkan. “Tentunya yang sudah memasukkan LPJ dan mendapatkan surat rekomendasi yang diprioritaskan. Penyaluran tak lewat bulan ini juga,” katanya.  Dia menuturkan, sisa ADD bakal disalurkan bersamaan dengan dana bagi hasil pajak.

Rundengan menambahkan, pihaknya meminta seluruh Hukum Tua untuk sesegera mungkin memasukkan LPJ Dandes dan ADD. “Guna mempercepat proses penyaluran terlebih pembangunan desa di sisa tahun anggaran,” imbaunya. Rundengan mewanti-wanti pengguna anggaran untuk merencanakan program dengan melibatkan seluruh elemen yang ada di desa. “Karena biasanya akhir tahun banyak program fisik maupun non-fisik dikebut. Perencanaan, pengelolaan dan realisasi program  wajib melalui musyawarah bersama. Ingat, peruntukkan program ini sifatnya berkelanjutan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” urainya.

Terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Denny Mangala membeberkan, tahun depan ada pengurangan Dandes. “Ya, ada informasi dari Kementerian Keuangan pagu Dandes tahun depan sebesar Rp 151 miliar. Selain itu, pasca MOU bersama Kepolisian, ada anggaran untuk pengawasan. Berkisar lima persen,” beber Mangala.

Meski begitu, dia melanjutkan, untuk besaran pengurangan tidak terlalu besar. “Berkurang sekira dua miliar. Namun jika dibagi ke 227 desa maka pengurangan hanya sedikit,” ujarnya. “Dan ini berlaku diseluruh Indonesia. Pembangunan desa tetap berlanjut,” kuncinya. (cw-01/fgn)

Kirim Komentar