14 Nov 2017 08:34
Masuk dari Bitung, Ditangkap di Manado

Sulut Jadi Transit Simpatisan ISIS

MyPassion

MANADO—Kewaspadan wajib makin ditingkatkan. Terutama di tempat-tempat transit seperti pelabuhan dan bandara. Ini setelah terbukti ada Simpatisan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) berhasil masuk ke Sulut. Simpatisan yang diketahui asal Lebak, Provinsi Banten, berinisial AM alias Abu Musaf itu diamankan di Pelabuhan Manado, Sabtu (11/10), pukul 09.00. AM diringkus tim intelijen gabungan Kodam XIII/Merdeka, Lantamal VIII dan Lanudsri Manado.

 

Diketahui, AM berencana akan menyeberang via Pelabuhan Manado menuju Tahuna, Kabupaten Sangihe. Selanjutnya menuju Marawi, Filipina. Usai ditangkap, AM diamankan di Pangkalan Angkatan Laut.

Menurut Asisten Intelijen Kodam XIII/Merdeka Kolonel Inf Eko Prayitno, informasi awal didapat sejak Jumat pekan lalu. “Kami mendapat informasi ada terduga simpatisan ISIS akan menyeberang ke Marawi, Filipina via Pelabuhan Manado,” ungkapnya.

Lanjutnya, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Ganip Warsito setelah mendapat informasi tersebut, langsung memerintahkan intelijen bergerak mencari keberadaan AM. “Jumat dia belum kami temukan. Namun, kami sepakat melanjutkan pencarian esok harinya (Sabtu, Red),” lanjut Prayitno.

Saat Sabtu (11/11), pencarian difokuskan ke kapal hingga perahu nelayan yang melintas dan akan berangkat. Ketika petugas berada di salah satu kapal cepat, ada oknum yang gerak-geriknya mencurigakan. Petugas pun memeriksa dan mengamankannya ke Pangkalan Angkatan Laut. Ternyata dia AM, simpatisan ISIS.

“Saat diperiksa sesuai prosedur yang berlaku, personel menemukan bukti-bukti yang cukup, berupa identitas yang bakal dipakai dia ketika berada di Filipina nanti,” beber Prayitno.

Selanjutnya, Minggu (12/11), intelijen gabungan TNI menyerahkan AM ke Direktorat Intelijen Polda Sulut. “Saat di Polda, Brimob juga sudah bergabung,” katanya.

Perjalanan AM cukup panjang untuk tiba di Sulut. Berdasarkan pengakuan AM, dia menggunakan transportasi laut. “Awalnya dia naik kapal dari Lebak, Banten menuju ke Makassar. Dari Makassar dia kembali naik kapal menuju Pelabuhan Bitung. Tiba di Bitung, dia melanjutkan perjalanan dengan angkutan darat menuju Pelabuhan Manado. Belum sempat menginjak Tahuna, dia sudah diamankan intelijen,” jelasnya.

Terpisah, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, saat dikonfirmasi menyebutkan AM sudah diamankan. “AM ini simpatisan. Dia hanya kenal seseorang di Filipina sana. Mau diajak jihad di sana. Hanya lewat internet saja,” beber Waskito didampingi Kabid Humas Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Lanjut mantan Kapolda Jawa Barat itu, informasi kedatangan AM datang dari Filipina. Kemudian informasi itu diteruskan ke TNI yang ada di Jakarta dan Sulut. “Melalui koordinasi tersebut, akhirnya jajaran TNI berhasil menangkapnya. Saat ini AM sudah diserahkan ke Densus Mabes Polri untuk pengembangan,” sebut jenderal bintang dua itu.

Menurut Waskito, Polda Sulut pun masih melakukan Operasi Aman Nusa di daerah perbatasan NKRI (Sangihe, Talaud, Sitaro) dengan Filipina. “Personel Polri juga sudah ditambah untuk mengantisipasi masuknya kelompok teroris pasca kejadian Marawi, Filipina,” tandasnya.

12
Komentar
  • MyPassion

    Bundane salma
    15 Nov 2017 18:41

    Terpaksa sy ucapkn dsni bahwa cita-citaku menjadi TKW yang sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah.... awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Taiwan hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn
Kirim Komentar