14 Nov 2017 09:42
Dari Lomba Pacuan Kuda di Gelanggang Maesa, Tompaso

Gubernur dan Kapolda Berbagi Podium

MyPassion
SPORTIF: Ketua Pordasi Sulut Ferry Wowor menyerahkan piala pada Jantje Wowiling Sajow (JWS), salah satu pemilik kuda yang memenangkan kompetisi pacuan kuda, Sabtu (11/11) lalu. foto: panitia

Cabang olahraga berkuda Sulawesi Utara (Sulut) kian eksis. Tak tanggung-tanggung, sejumlah kuda pejabat diikutsertakan dalam berbagai perlombaan. Di antaranya lomba pacuan kuda yang digelar di Minahasa, pekan lalu.

GELANGGANG Pacuan Kuda Maesa, Tompaso penuh gemuruh para penonton. Kuda jagoan mereka berlari dipandu joki menuju garis finis. Ditelusuri, tak sedikit kuda milik pejabat beradu di pacuan untuk menjadi pemenang. Sebut saja kuda milik Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Kapolda Irjen Pol Bambang Waskito, Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS), Bupati Boltim Sehan Landjar, Kapolres Minahasa AKBD Chris Pusung, serta beberapa pejabat lain. Kuda Olly, JWS, dan Sehan pun berbagi kemenangan di kelas mereka masing-masing (lihat grafis, red).

Sejumlah pejabat terlihat ikut menyaksikan pertandingan yang sangat seru ini. Di antaranya Wakil Ketua DPRD Sulut Stefanus Vreeke Runtu yang dikenal salah satu pecinta cabor berkuda. Kompetisi ini pun diawasi langsung Ketua Pengurus Provinsi Pordasi Sulut Ferry MK Wowor.

Ribuan penonton baik datang dari Minahasa maupun luar Minahasa membludak memenuhi gelanggang pacuan kuda. Pemandangan ini menjadikan lomba tersebut sebagai pesta rakyat Minahasa yang dipenuhi gemuruh sorak-sorak penonton memberikan suport serta dukungan kepada kuda-kuda jagoan mereka pada saat race. Bahkan terasa tribun penonton seperti mau roboh.

Wowor memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana yang mampu bekerja maksimal mempersiapkan lomba berstandar nasional ini, sehingga penonton menikmati.

JWS berharap, kompetisi ini memberi dampak positif pada kemajuan olahraga berkuda di Sulut dalam menghadapi Kejurnas Pordasi Seri 1 dan 2 2018 serta PON 2020 di Papua. Di samping itu, olahraga berkuda dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Minahasa, khususnya bagi peternak, pelatih, joki, dan groom.

Selanjutnya dalam lomba pacuan kuda kelas calon derby 1.400 meter yang diikuti 11 ekor kuda, terjadi adu gengsi para pemilik kuda. Mengingat kuda-kuda pada kelas tersebut sangat berkualitas ke depan akan menjadi kampiun dalam kelas derby serta harga jualnya naik drastis.

Pada kelas ini, Kuda Mc Laren dengan joki S Wenas dari Miranda Stb pemilik Olly Dondokambey SE menjadi pemenang dan mengalahkan rival utamanya, termasuk kuda Kaisaria dengan joki Falentino S dari King Royal Park Stb pemilik Irjen Pol Drs Bambang Waskito, serta Kuda Persephone dengan joki F Paendong dari Berlian Stb pemilik Umboh Yosephine SR.(***)

Pemenang Lomba Pacuan Kuda Minahasa 2017:

12
Kirim Komentar