14 Nov 2017 10:08

Calon Berebut SK Parpol

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Surat keputusan (SK) partai politik (parpol) terkait calon yang akan diusung dalam Pilkada 2018 menjadi barang rebutan. Namun sejumlah parpol belum memastikan siapa calon yang bakal diusung.

Seperti Partai Gerindra, Menurut Sekretaris Gerindra Sulut Melki Suawah, SK memang masih menunggu dari DPP. Namun menurutnya, kemungkinan besar dari enam daerah pilkada di Sulut, Kotamobagu dan Sitaro akan lebih dulu keluar SK. “Karena masing-masing daerah akan berbeda, tergantung situasi dan kondisi. Seperti Kotamobagu dan Sitaro hampir selesai dan akan mendahului daerah lain untuk mendapatkan SK," katanya, kemarin.

Terkait pileg 2019 nanti, Suawah mengaku juga memilik target. "Khusus di Sulut kita realistis dua kursi ke DPR RI. DPRD Sulut, dari 54 kursi kita target meningkat minimal 30 persen," jelasnya.

Untuk Demokrat Sulut, Jimmy R Kowaas selaku Ketua Bapilu juga senada. Menurutnya, SK calon yang akan diusung di pilkada 2018, masih menunggu keputusan pusat. “Kita belum tahu kapan pengumuman atau SK akan turun sampai di daerah. Yang jelas enam kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada akan diumumkan secara serentak,” ujarnya.

Untuk nama-nama, lanjutnya, sudah diusulkan.  “Jadi tinggal menunggu putusan dari pusat. Kami dari tim tujuh belum mengetahui kapan nama atau SK tersebut sampai pada kita," ucapnya.

Terkait target pileg, Demokrat juga tidak kalah dengan parpol lain. Untuk DPR RI, contohnya, Demokrat Sulut manergetkan dua wakil. Untuk kabupaten/kota ditargetkan masing-masing satu fraksi.

Hanura Sulut juga tidak jauh beda. Terkait SK calon pilkada, masih menunggu pusat. "Itu wewenang DPP. Yang pasti proses penjaringan sudah dilaksanakan. Dan sementara berproses di DPP. Sebelum pendaftaran calon di KPU pasti sudah ada putusan dan itu final," sebut Selfi Pondaag, Sekretaris Hanura Sulut.

Untuk target pileg, Hanura optimis satu kursi di DPR RI. “Juga satu fraksi utuh di tiap kabupaten/kota serta DPRD Provinsi,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW Partai NasDem Sulut Victor Mailangkay mengatakan, partainya sudah memberikan rekomendasi kepada beberapa nama. Untuk Minahasa Tenggara (Mitra) NasDem kepada Telly Tjanggulung dan Robert Kandoli. Untuk Talaud diberikan kepada Elly Lasut dan Mochtar Parapaga. “Sedagkan yang lain masih dalam proses penentuan. Namun sudah diusulkan,” katanya.

Untuk legilatif, lanjut Mailangkay, NasDem menargetkan minimal satu fraksi ditingkat DPRD Provinsi dan masing-masing kabupaten/kota. “Itu target kita,” katanya. (ctr-03/can)

Kirim Komentar