13 Nov 2017 10:38
Terjaring Operasi Zebra

Memalukan, 291 PNS Kena Tilang

MyPassion

MANADO—Dua hari lagi operasi Zebra Samrat 2017 berakhir. Selama dua pekan menggelar razia penertiban kendaraan ini, Polda Sulut dan jajaran sudah banyak menjaring para pelanggar. Data yang dirangkum Manado Post, untuk kategori pekerjaan pelanggar, bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kena tilang ada 291 orang. Kemudian yang bekerja sebagai karyawan swasta 1.892. Kemudian pelajar/mahasiswa 526. Sopir jumlahnya 542 orang. Itu merupakan rangkuman data sejak 1 hingga 7 November.

 

Diungkapkan Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Ari Subianto, para pelanggar tersebut semuanya diberikan bukti pelanggaran (tilang). “Kami juga menyita barang bukti berupa SIM, STNK, dan kendaraan,” beber perwira tiga melati ini.

Dr Wenly Lolong MH menyebutkan, pemeriksaan kendaraan di jalan dan penindakan pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan, perlu dilihat dari aspek tujuannya. Yaitu terbangunnya kesadaran akan tertib berlalu lintas. “Selain dari pada itu, maka tujuan lainnya, yaitu terpenuhinya persyaratan teknis dan layak jalan kendaraan, kelengkapan dokumen registrasi dan identifikasi pengemudi kendaraan, serta dokumen perizinan kelengkapan kendaraan angkutan umum serta terdukungnya pengungkapan perkara tindak pidana,” bebernya. Ia menambahkan, kerja kepolisian harus didukung masyarakat. Walau demikian, diharapkan kepolisian secara institusi harus mendidik individu aparat untuk bekerja secara profesional. “Agar terhindar dari gesekan-gesekan yang terjadi di lapangan,” pungkasnya.

Ditambahkan Sosiolog Dr Jefry Paat MSi, Operasi Zebra  bisa memberi edukasi bagi masyarakat. Dalam berlalu lintas perlu melengkapi surat-surat kendaraan serta perlengkapannya. “Ini juga dalam bentuk pembinaan dan penertiban bagi pengguna jalan raya, agar selalu patuh kepada aturan yang berlaku,” tandasnya.(riedel/lerby/gnr)

Kirim Komentar