13 Nov 2017 10:01

Antisipasi Over Produksi Rica

MyPassion
Syerly Sompotan

TOMOHON- Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mengantisipasi over produksi rica. Telah dipersiapkan peralatan pengolahan hasil pertanian. “Usaha ini perlu mendapat perhatian dari semua stakeholder agar mampu tumbuh dan berkembang serta mampu sebagai penggerak perekonomian masyarakat,” harap Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Sompotan, akhir pekan lalu.

Dipaparkannya, salah satu produk unggulan di Kota Tomohon adalah komoditi cabe. Dari luas 2012 Ha lahan potensi holtikulura, sebanyak 284 Ha adalah lahan cabe. Mampu memproduksi 3.976 ton cabe rawit dan cabe besar dalam setahun. “Kota Tomohon telah menerima 60 Ha cabe melalui program upaya khusus Kementerian Pertanian RI lewat Dinas Pertanian dan Peternakan Sulawesi Utara,” urainya.

Terkait masalah produksi rendah, belum optimalnya penggunaan teknologi tepat guna, pemasaran, Pemkot mengantisipasinya dengan menggelar pelatihan. Sebut saja, pelatihan agribisnis cabe untuk meningkatkan pengetahuan petani.

“Produk pertanian yang dihasilkan harus diikuti perkembangan industri pengolahan, maka untuk menggerakan sistem agribisnis perlu dukungan semua pihak mulai dari petani, koperasi, BUMN dan swasta,” urai wanita murah senyum ini. “Para peserta pelatihan dapat memanfaatkan kegiatan ini, untuk mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan,” kunci Kepala Seksi Pemasaran dan Produksi Hasil Pertanian (PHP) Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Karel Lala SP MSi. (vip)

Kirim Komentar