13 Nov 2017 12:10

11 Kampung Siap Terima Dandes Tahap II

MyPassion

SANGIHE—Dana Desa (Dandes) Tahap II yang diperuntukan bagi 145 desa/kampung di Kepulauan Sangihe. Untuk pembangunan desa serta perbaikan perekonomian, memasuki pertengahan November ini belum juga dicairkan. Parahnya, baru 11 Kampung yang memasukkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ).

 

“Sampai saat ini, baru 11 yang memasukkan LPJ dari 145 kampung. Sedangkan persyaratan untuk mencairkan dandes tahap II, adalah harus 50 persen kampung di Kepulauan Sitaro yang memasukan LPJ dandes tahap I,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sangihe Drs T Kawasa.

Lanjutnya, meski LPJ terlambat pihaknya sangat optimis pencairan dandes tahap II ini tidak akan jadi masalah sebelum akhir tahun 2017. “Kami bisa pastikan sebelum akhir 2017 ini, semua kampung sudah bisa mencairkan dandes untuk tahap dua,” tegasnya.

Ditambahnya, keterlambatan proses pencairan ini juga tak luput dari adanya perubahan dari keuangan untuk LPJ. “Dulu kan tidak ada kegiatan yang di foto dari nol sampai akhirnya tahap I selesai. Tapi kali ini PMK 50 menghendaki untuk pencairan dandes tahap II harus berdasarkan itu. Sehigga bila sudah ada 50 persen kampung yang memasukan LPJ akan di kirim sebagai laporan dan bukti agar dana dandes tahap II sudah bisa turun,” tandasnya.

Untuk itu, Kawasa berharap, LPJ dandes tahap I segera dimasukan. "Semua Kapitalaung diharapkan secepatnya memasukan LPJ tahap I, supaya proses pencairan tahap II segera terealisasi," tukas mantan Kaban BKD ini.

Terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sitaro Helmud Hontong SE meminta semua kampung segera memasukkan LPJ. “Kapitalaung harus memperhatikan hal ini. Karena ini untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu harus segera ditindaklanjuti,” kuncinya.(tr-08/ria)

Komentar
Kirim Komentar