11 Nov 2017 10:45

Pesona Sunrise di Pantai Timur

MyPassion
MANJAKAN MATA: Pesona matahari terbit yang ditawarkan pantai timur dapat menjadi salah satu spot wisata yang layak di kembangkan di Minahasa. Foto diambil di pantai Ranowangko II kecamatan Kombi pukul 04.30 pagi. Foto: Foggen Bolung/MP

MINAHASA – Pantai timur Minahasa terbentang dari wilayah Kecamatan Kombi (berbatasan dengan Kema-Minahasa Utara), melintasi Kecamatan Lembean Timur, Kecamatan Kakas, sampai Kecamatan Langowan Selatan (berbatasan dengan Belang-Minahasa Tenggara). Pantai yang memiliki pasir putih ini belum dikelola secara maksimal. Masih menawarkan pesona alam yang indah. Yang lebih menambah spesial, pantai ini menyuguhkan pemandangan matahari terbit (sunrise).

Karenanya, potensi pantai timur yang masih asri ini layak untuk dikembangkan. “Sudah banyak masukan dimana pantai timur Minahasa ini layak dikembangkan sebagai spot pariwisata,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo. Dia menjelaskan, pesona pantai timur sangat layak dijual karena daya tarik matahari terbit. “Jika di Manado dan di pantai lain ada sunset, kita berbeda. Di pantai ini kita memberikan pemandangan sunrise atau matahari terbit,” katanya.

Mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Minahasa ini mengatakan, dengan sektor pariwisata yang terus dikembangkan, maka potensi pantai timur layak diangkat. “Pak Bupati sangat concern dengan pariwisata. Contohnya beliau sudah setuju untuk mengembangkan pantai Mahembang, yang terletak di garis pantai timur,” katanya.

Artinya, rencana pengembangan pantai Mahembang di Kecamatan Kakas ini bakal dilanjutkan dengan pengemabngan pantai di wilayah timur Minahasa ini. “Segala usulan kita kita akan bahas bersama, mudah-mudahan mulai tahun depan kita akan realisasikan,” harap Tumundo.

Diketahui, Pantai Timur ini mencakup pantai Sawangan, Kombi, Ranowangko II, Kora-kora, Bukittinggi, Temboan, Mahembang sampai Bentenan. Jalan yang melintasi garis pantai ini adalah jalan trans Sulawesi dari Kema sampai ke Belang. (fgn)

Kirim Komentar