11 Nov 2017 10:29
Daya Tampung 125, Penghuni 158

Lapas Kelas II Tahuna Over Kapasitas

MyPassion
Ilustrasi

SANGIHE—Warga binaan yang berada di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II Tahuna banyak diminati sehingga sudah melebihi kapasitas. Hal ini dibenarkan Kepala Lapas Kelas II Tahuna Alfonsus W Ardianto, melalui Kepala Seksie Administrasi dan Tata Tertib Modi Tuwone SSos MH.

 

Dikatakannya, jumlah warga binaan Lapas kelas II Tahuna saat ini di Kepulauan Sangihe sudah melebihi daya tampung atau over kapasitas.

"Jumlah warga binaan lapas sebanyak 158 penghuni sedangkan daya tampung hanya 125 orang. Dan ini sudah melebihi daya tampung atau over kapasitas," ujarnya.

Lanjut Tuwone, jumlah warga binaan di lapas kelas  II Tahuna tidak sebanding dengan jumlah pegawai Lapas yang hanya 32 pegawai.

"Ini tidak sebanding karena jumlah pegawai  hanya 32 orang, sedangkan warga binaan 158 penghuni dari sisi perbandingan sangat jauh yang diharapkan. Apalagi setiap hari hanya dua orang pegawai yang jaga satu di depan pintu masuk dan satu jaga di area atau dalam lapas," ungkap Tuwone.

Dijelaskannya, karena over kapasitas ini sehingga membuat kamar warga binaan dipadati dengan belasan orang.

"Ini bervariasi ada 11 orang per kamar, ada juga 9 dan 7 orang. Sedangkan warga binaan ini didominasi paling banyak kasus cabul dan penganiayaan. Ada juga kasus tipikor dua orang, narkoba satu orang, ilegal fishing tujuh orang dan tahanan imigrasi satu orang,” bebernya sembari berharap Lapas Kelas II Tahuna bisa ketambahan pegawai.

Terpisah, sejumlah penghuni Lapas mengaku mereka tidak merasa keberatan disatu kamar ada banyak orang. “Kan kamar jadi ramai. Jadi banyak teman,” kata sejumlah warga binaan ini.(tr-08/ria)

Kirim Komentar