11 Nov 2017 09:43
Asalkan Miliki Nama Jelas dan Foto

ID Card Kantor Bisa Dipakai Check In

MyPassion

MANADO—Pengguna jasa Maskapai wajib menunjukan kartu identitas untuk bisa melakukan check in. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 185/2015, pasal 19 terkait kesesuaian tanda identitas penumpang. Namun, banyak pengguna jasa penerbangan yang tidak membawa KTP dan akhirnya bermasalah di bandara. “Saya selalu membawa KTP, namun pernah tidak jadi terbang gara-gara KTP hilang,” ujar salah satu pengguna jasa penerbangan.

Terkait hal ini, GM Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai melalui juru bicara Yuristo menjelaskan, penggunaan kartu identitas berupa KTP mulai dari Check In sampai boarding wajib ditaati pengguna jasa penerbangan. “Penggunaan kartu identitas wajib karena juga untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan,” katanya.

Namun, dia menambahkan, untuk jenis kartu pengenal tak hanya KTP. “Memang, kita akan menanyakan KTP terlebih dulu. Namun bisa diganti  SIM, Paspor atau dokumen lainnya (lihat grafis),” katanya. Dia melanjutkan, selain dokumen tanda pengenal yang dikeluarkan pemerintah, kartu pengenal lain bisa dipakai. “Misalnya kartu pegawai untuk PNS, atau ID Card kantor, asalkan tertera nama jelas dan foto jelas,” ujarnya. “Nanti petugas airline yang akan mencocokkan,” jelasnya.

Jika semua dokumen yang menunjukan identitas tidak ada, lanjut Yuris, maka surat keterangan hilang dari kepolisian juga bisa jadi alternatif. “Penggunaan tanda identitas ini menjadi penting mengingat penumpang yang diijinkan boarding harus sesuai dengan identitas pengenalnya,” katanya. “Nama yang tertera dan yang on board harus sesuai. Untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan,” kunci Yuris. (fgn)

Kirim Komentar