11 Nov 2017 10:00
Komisi I Kuliti Setwan

1,7 M Sebulan untuk Perjalanan Dinas Legislator

MyPassion

MANADO—Komisi I DPRD Sulut benar-benar ‘menguliti’ rupiah per rupiah yang tercantum dalam RKA RAPBD 2018 Sekretariat DPRD. Jumlah anggaran Rp 69,2 miliar didesak harus memberi manfaat. Alhasil, beberapa poin anggaran mendapat sorotan tajam. Dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi I Ferdinand Mewengkang ini, anggota komisi Netty Pantow meminta Setwan membeberkan perencanaan pengadaan meubeler. “Jangan sampai, ingat ini langsung beli. Ingat itu, langsung beli. Harus ada perencanaan,” tegas politikus Partai Demokrat ini.

 

Kemudian Komisi I mengangkat pengadaan dua unit bus dan satu unit mobil dinas Toyota Innova. Dari penjelasan pihak Setwan, jumlah bus saat ini tak mencukupi kebutuhan. Sementara Toyota Innova diperuntukkan bagi Ketua DPRD. Poin ini sempat jadi pertentangan sesama anggota komisi yang akhirnya belum mendapat keputusan pasti apakah akan dilanjutkan atau tidak. Di sisi lain, Jems Tuuk meminta penjelasan mengenai total anggaran perjalanan dinas dan makan minum yang terlampau besar. “Perjalanan dinas DPRD kalau dibagi 12 bulan menghabiskan 1,7 miliar per bulan,” sebut Tuuk. Tak sampai di situ, Tuuk menyorot pengadaan laptop yang dianggarkan Rp 25 juta per unit.

Personel Komisi I yang lain di antaranya Decky Palinggi, Jenny Mumekh, Eva Sarundajang, dan Mursan Imban pun menyumbang berbagai masukan untuk Setwan melakukan pembenahan. Mulai dari fasilitas di ruangan anggota, hingga keamanan gedung. “Ada beberapa catatan yang harus jadi perhatian Setwan. Ini akan kami bawa di rapat sinkronisasi,” tandas Mewengkang.(gel)

Kirim Komentar