10 Nov 2017 10:14
Jaga Suasana Natural, Diving Andalan

Melihat dari Dekat Siladen Resort and Spa, Best Dive Centre di Dunia

MyPassion
MENAWAN: Siladen Resort and Spa mencuri hari para tamu dengan pemandangan alam, kamar yang nyaman, dan keramahan. foto: Adrian Rokot/MP

Potensi pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut) kian diakui dunia. Belum lama ini Siladen Resort and Spa yang berlokasi Pulau Siladen Kecamatan Bunaken Kepulauan, dinobatkan sebagai best dive centre or resort 2017. Seperti apa resort terbaik di dunia ini?

 

Laporan: Asyer Rokot

UNTUK ke Pulau Siladen, Kecamatan Bunaken Kepulauan Anda bisa menyewa speedboat atau kapal dari beberapa pelabuhan di Manado. Harganya beragam, sesuai dengan fasilitas yang diterima. Perjalanan dari Manado ke Siladen ditempuh sekira 45 menit. Setiba di dermaga, pengunjung akan langsung menikmati keindahan pasir putih. Pun dari kejauhan, mata sudah bisa melihat rindangnya pohon-pohon di tepi pantai. Resort ini cukup terkenal karena berada di kawasan Taman Laut Bunaken. Salah satu destinasi penyelaman terkenal di dunia.

Meski berada di tepi pantai, suasana resort yang berlokasi di pulau seluas 31 hektare itu sangat sejuk. Di tepi pantai berpasir putih, dijadikan tempat bersantai tamu, pemandangannya Manado Tua dan Taman Laut Bunaken.

Resort yang dibangun 2001 ini memiliki vila dengan view taman, view pantai, vila untuk keluarga, dan luxury vila. Untuk kategori terakhir ini, sangat istimewa. Harganya pun lebih mahal. Di normal season dipatok Rp 4 jutaan sampai Rp 9 jutaan. Sedangkan di high season bisa sampai Rp 11,1 juta per malam. Sementara untuk tipe vila lain dipatok harga dikisaran Rp 3 jutaan sampai Rp 4 jutaan.

Kamarnya dirancang menarik. Gaya Bali dipadukan dengan tradisional ala Minahasa. Tamu dipastikan akan menikmati liburan yang menyenangkan di resort ini.

Menjadi daya tarik di resort ini adalah lokasi diving. Para tamu yang kebanyakan datang dari luar Indonesia, dominan Amerika Serikat, Jerman, Swiss, dan Italia, kebanyakan memilih aktivitas diving untuk menghabiskan siang mereka. Tidak membosankan, karena sejumlah lokasi diving terkenal di dunia ada di sekitar resort dan tentunya didampingi ahlinya. Taman laut juga bisa dinikmati dengan perahu berkaca untuk melihat bawah laut, selain diving tamu juga bisa hanya snorkeling. Keindahan bawah laut di sekitar resort tak diragukan lagi, karena lokasinya berada di sekitar Taman Laut Bunaken. Beragam biota laut yang indah dan langka hidup di sana. Ombak laut yang tidak terlalu besar menjadikan pantai di resort ini cocok dijadikan lokasi berenang. Selain bisa menikmati keindahan kehidupan laut, tamu juga diberi kesempatan menjelajahi pulau. Di sana akan ditemukan beragam satwa, ditemani kicauan burung. Resort ini pun menawarkan beragam aktivitas. Di antaranya cooking class, tur menyaksikan aksi lumba-lumba. Jasa spa juga ditawarkan di sini. Untuk layanan spa tersedia berbagai jenis. Yakni therapy oils, natural scrubs, polishers, rituals.

Khusus harga menyelam, dilansir dari web resmi Siladen Resort and Spa, beragam. Mulai dari Rp 650 ribu sampai 725 ribu. Di sini juga menawarkan penyewaan alat-alat snorkeling dan diving.

Operational Manager Siladen Resort and Spa Lanri Manembu saat ditemui mengungkapkan, jualan mereka adalah alaminya alam di sekitar resort. “Kami menjaga lingkungan ini tetap memberi kesan natural,” sebutnya. Para pengunjung, lanjutnya, kebanyakan wisatawan dari barat.

Banyak pengunjung mengapresiasi keramahan seluruh staf dalam pelayanan yang mereka berikan. “Orang Manado dikenal sebagai orang yang ramah, kami berusaha mempertahankan itu,” ungkapnya.

Mengenai peringkat terbaik yang diberikan majalah asal Inggris tersebut Riri panggilan akrabnya mengatakan mereka terkesan. “Untuk mencapai satu tujuan lebih gampang daripada mempertahankannya,” katanya sambil tersenyum. Ia berharap usaha yang mereka lakukan untuk menjaga kelestarian alam khususnya di laut dapat diperhatikan pemerintah. ”Ini masukan saja karena sebelumnya sempat ada tamu yang menangis gara-gara sampah. Ini menurunkan kualitas pariwisata,” imbuhnya.

Siladen Resort dan Spa juga, terlibat dalam program penyelamatan penyu. “Dalam satu spot dive sekarang kita sudah bisa temukan tujuh hingga delapan penyu,” katanya.

Sementara dari pengakuan Front office Supervisor Siladen Resort and Spa Jerrie Soleran, rata-rata pengunjung per bulan tergantung periode. “Tingkat hunian bulan lalu hingga sekira seribu dua ratusan, jika dirata-ratakan perbulannya mencapai seribuan,” ungkapnya.(***)

Kirim Komentar