10 Nov 2017 12:18

FFI Angkat Keragaman Indonesia

MyPassion

MANADO—Festival Film Indonesia (FFI) ke-37 istimewa. Ya, karena penghargaan bagi insan perfilman di Indonesia ini pertama kali digelar di Sulawesi Utara (Sulut). Temanya pun yang diangkat adalah keberagaman. Dari penuturan Asisten II Setprov Rudi Mokoginta, 435 tamu dari Jakarta akan didatangkan. Untuk kalangan artis, dijadwalkan mulai tiba di Manado hari ini. “Panitia telah menyiapkan tujuh hotel untuk dihuni dalam waktu dua hari dan penjemputan dilakukan panitia lokal,” ungkapnya, sembari menambahkan dalam penyambutan juga akan diberikan cenderamata seperti selempang oleh Nyong dan Noni Sulut.

Kadis Kebudayaan Sulut Frederik Rotinsulu mengungkapkan, selain mengikuti acara malam puncak pada Sabtu (11/11) esok, Jumat (10/11) hari ini akan ada beberapa artis mengunjungi sekolah di Manado. Seperti SMA 1 Manado dan SMK 1 Manado. Selanjutnya pukul 19.00 Wita diadakan welcome diner di rumah dinas gubernur.

“Malam puncak dibagi dua sesi. Off air dan on air. Dalam off air akan diisi sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Presiden RI V Megawati Soekarnoputri,” jelasnya.

Dana untuk mendukung FFI ini bersumber dari APBD dan APBN. Dari APBD 2017 dianggarkan hampir Rp 10 miliar dengan rincian untuk EO Rp 5,8 miliar, kemudian Rp 3,5 miliar dianggarkan untuk perjalanan 435 orang.

Terdiri dari tiket penerbangan, hotel dua malam, dan makan siang. “Khusus APBN setahu saya 6,7 miliar. Itu untuk pembiayaan malam pengumuman nominasi yang telah dilakukan kemudian blocking time serta sekretariat, dan pembayaran juri,” tutur Rotinsulu.

Sementara dari pihak Event Organizer (EO) Fendry Ponomban menjelaskan, di venue sedang dalam penyempurnaan panggung sudah 70 persen. “Dalam red karpet nanti, diatur sebaik mungkin agar semua pihak bisa dekat menyaksikan secara aman foto dengan artis ataupun sutradara,” ungkapnya, sembari menambahkan, nominator juga banyak yang akan datang.(baladewa/gel)

Komentar
Kirim Komentar