10 Nov 2017 12:00

BSG Terapkan Sistem Elektronifikasi

MyPassion

MANADO – Bank Sulut Gorontalo (BSG) mulai menerapakan sistem elektronifikasi. Termasuk dalam pelayanan di teller. Seperti di Kantor Kas BSG Manado Town Square (Mantos), yang kini sudah menggunakan Automated Teller Safe (ATS).  “Ya, kami mulai melakukan upaya elektronifikasi. Seperti di kantor kas Mantos yang sudah menggunakan ATS,” ucap Direktur Operasional BSG Wellan Palilingan.

Dia menjelaskan, ATS adalah sebuah mesin yang didesain untuk membantu pekerjaan teller. “Mesin ini pada dasarnya adalah sebuah mesin setor-tarik atau CRM yang dioperasikan oleh teller dalam menginisiasi keluar-masuk-nya uang,” kata palilingan. Namun, dia melanjutkan,  ATS bisa diakses langsung masyarakat, jadi masyarakat memperoleh experience dalam memasukkan atau mengambil sendiri uang cash miliknya.

Penggunaan ATS, katanya, adalah solusi untuk lebih mengefektifkan pekerjaan teller.  “Dengan mengimplementasikan ATS, maka bank dapat memperoleh manfaat seperti jumlah antrian berkurang karena dengan mempercepat proses transaksi. Juga mengurangi proses manual counting,” katanya. Sehingga, lanjut Palilingan, dapat mengurangi adanya human error dalam mengitung jumlah uang. “Mesin ATS dapat menghitung serta memilah-milah sesuai denominasi dan memasukkannya kedalam cassette yang telah di-configure sebelumnya,” ujarnya.

Proses end of day, lanjut Palilingan, jadi lebih cepat karena tidak perlu menghitung kembali uang hasil transaksi pada hari itu. “Mesin ATS telah mencatatnya, dan teller cukup menekan sebuah tombol untuk mengeluarkan laporan end of day hari itu,” katanya.

Kemudian, tingkat keamanan akan terjaga. Karena uang yang disetor oleh nasabah akan langsung masuk kedalam brankas ATS. “Keamanan uang milik bank juga lebih terjaga karena semua transaksi langsung tercatat kedalam sistem, sehingga dapat mengurangi internal fraud. Menjadikan kinerja teller dapat lebih optimal,” pungkas Palilingan sembari membeberkan, BSG merupakan bank daerah pertama yang menggunakan teknologi ini. (***)

Kirim Komentar