07 Nov 2017 12:33

Pasang Tapping Box di Hotel dan Restoran

MyPassion

MANADO—Setoran pajak di khas Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkot Manado digenjot. Tapping box atau alat perekam transaksi bakal diberlakukan di hotel dan restoran. Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan. Walaupun PAD di hotel dan restoran mencapai Rp 80 miliar, tapi dinilai Mor belum maksimal.

 

“Kami minta Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi (BP2R) Kota Manado menyediakan tapping box supaya semua transaksi di hotel  dan restoran bisa terekam setiap hari,” ujarnya. ”Ini dilakukan supaya PAD dari sektor pajak hotel dan restoran bisa naik,” tambahnya.

Terpisah Kepala BP2R Kota Manado Drs Harke Tulenan Msi menjelaskan, tapping box sangat bagus dipasang di kasir restoran, hotel, dan parkir. ”Contohnya kalau pelanggan bertransaksi dan kasir hotel menekan enter di mesin pembayaran, maka data transaksi saat itu juga akan terkirim langsung ke server BP2R,” ujarnya.

Sehingga BP2R bisa memantau langsung data transaksi di hotel dan restoran setiap hari dan melakukan evaluasi terhadap pendapatan pajak hotel dan restoran. ”Kalau selama ini, masih menggunakan manual. Wajib pajak yang menghitung pajak dan menyetornya di bank. Tetapi dengan sistem ini wajib pajak tidak bisa menyembunyikan pajaknya karena sudah terekam,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya berusaha tahun ini tapping box sudah bisa dipasang di mesin kasir hotel dan restoran. Karena kita sudah memiliki server dan aplikasinya. ”Cuma sekarang kami sementara mencari bank yang mendukung sistem ini. Kami juga akan merancang aturannya. Supaya ketika tapping box dirusak akan ada sanksi,” tandasnya.

Senior Sales Manager Hotel Quality Heyder Paulina, saat dikonfirmasi tidak memberikan tanggapan. “No comment, karena belum ada pemberitahuan ke pihak hotel,” singkatnya.(ctr-05/ite)

Kirim Komentar