07 Nov 2017 12:52

Jalur Kakas-Lembean Timur Diseriusi

MyPassion

MINAHASA – Memasuki akhir tahun anggaran, sejumlah akses jalan pun ditargetkan untuk diperbaiki. Termasuk jalan dari Kakas menuju Lembean Timur via perbukitan Karor. Jalur yang terhubung dengan Jalan Trans Sulawesi yang melintasi Pantai Timur Minahasa menuju Desa Kema, Minahasa Utara (Minut) ini menjadi sasaran perbaikan di akhir tahun.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Minahasa Ir John Kussoy. “Ada beberapa ruas jalan yang sudah masuk agenda untuk diperbaiki. Termasuk jalan dari Desa Kakas menuju Lembean Timur. Jalan yang akan tembus di Jalan Trans Sulawesi menuju Minut,” ucap Kussoy.

Perbaikan jalan ini, lanjut Kussoy akan dipacu di akhir tahun anggaran. “Bahkan akan berjalan hingga awal triwulan I tahun depan,” ungkap Kussoy. Perbaikan jalan selain di pantai timur, lanjut Kussoy juga akan menyelesaikan pembangunan jalan di dalam kota. “Kita juga akan fokus di Kota Tondano, Langowan bahkan Pineleng. Karena, kita tidak ingin ada disparitas antar daerah baik kabupaten dan provinsi,” ujarnya.

Selain itu, Kussoy mengatakan, pihaknya akan fokus juga ke jalan penghubung. “Untuk anggaran yang akan digunakan, sudah masuk tahap pembahasan. Dan juga melibatkan DPRD,” katanya. “Sudah masuk KUA di Bapelitbangda. Rencananya pekan ini kita lakukan hearing bersama DPRD. Untuk plot anggaran berasal dari DAK fisik yang rinciannya keluar pekan depan,” tukasnya.

Sementara, Kepala Bidang Bina Marga Bobby Masengi menambahkan, penyelesaian pembangunan jalan di Minahasa sudah mulai rampung. “Untuk proyek jalan, dari total 47 paket pekerjaan jalan yang diagendakan tahun ini, telah rampung sekira 90 persen,” ungkapnya.

Masengi pun menyorot terkait tanggung jawab perbaikan jalan. Baik dari Pemkab maupun Pemprov sampai Balai Jalan. “Jadi, jalan di Wilayah Minahasa itu tak semuanya jadi kewenangan Pemkab untuk memperbaiki. Ada ruas jalan yang kita tak bisa untuk melakukan perbaikan,” katanya. “Nah, dari sini banyak keluhan ataupun tudingan Pemkab tidak pernah menyentuh perbaikan jalan di wilayahnya. Padahal belum tentu itu tanggung jawab Pemkab,” jelas Masengi.

Namun, dirinya menerima setiap masukan dari warga. “Intinya, kta terus berupaya agar jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkab Minahasa bisa diperbaiki,” harap Masengi. “Total panjang jalan Kabupatenyaotu 681,5 kilometer (km).  Dari panjang tersebut sekira 80 persen diantaranya sudah masuk kategori baik,” pungkas Masengi. (cw-01/fgn)

Kirim Komentar