06 Nov 2017 14:04

Waspada Upal, BI Lakukan Upaya Mitigasi

MyPassion
TINJAU LANGSUNG: Tim BI saat meninjau kesiapan dan kondisi ruangan Kas Titipan di Bank SulutGo Cabang Melonguane.

TALAUD—Menjelang hari raya dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kepulauan Talaud. Pihak perbankan diminta melakukan upaya mitigasi peredaran Uang Palsu (Upal), dengan cara mengedukasi nasabah mengenai ciri-ciri keaslian uang rupiah.

Kepala Devisi Sistem Pembayaran dan Peredaran uang dan Satuan Layanan Administrasi Perwakilan Bank Indonesia (BI) Prov Sulut A Yusnang, saat berada di Kepulauan Talaud, dalam rangka sosialisasi teknis mekanisme operasional Kas Titipan Melonguane, pekan lalu. Mengatakan, dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang, BI memiliki kewajiban untuk memberikan layanan penyediaan uang rupiah kepada masyarakat di seluruh Indonesia, yang tentunya diwujudkan melalui fungsi intermediasi layanan keuangan dari perbankan kepada masyarakat.

"Salah satu skema penyediaan uang rupiah tersebut diimplementasikan melalui layanan kas titipan. Kas titipan merupakan kegiatan penyediaan uang milik BI yang dititipkan kepada salah satu bank untuk mencukupi persediaan kas bank-bank dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat di suatu wilayah termasuk di Talaud. Bulan ini, direncakanan kas titipan BI bisa beroperasi," jelas Yusnang.

Diketahui, keberadaan layanan kas titipan BI nanti memudahkan perbankan memiliki ketersediaan uang yang layak edar untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Perbankan memiliki akses lebih cepat untuk mendapatkan Uang Layak Edar (ULE) dan atau Uang Hasil Cetak Sempurna (HCS).

Tentunya dengan ada kas titipan, maka cost dalam hal cash handling bagi perbankan di Talaud akan semakin efisien karena tidak perlu lagi melakukan remise ke kantor cabang di Manado. Serta meningkatkan dan memperlancar transaksi ekonomi di suatu daerah serta menjaga kedaulatan rupiah di NKRI.

Terpisah, Branch Manager Bank SulutGo Cabang Melonguane Oske Kaligis mengatakan, keberadaan kas titipan BI di Talaud sangat dibutuhkan. Juga memegang peranan penting dalam upaya memajukan perekonomian daerah, khususnya bagi Talaud, daerah yang lokasinya jauh dari Kantor Perwakilan BI Sulut.

"Adanya kas titipan BI di Talaud memudahkan perbankan dalam upaya menyediakan uang rupiah yang layak edar, jumlah dan nominal yang sesuai dan tepat waktu, kepada masyarakat luas. Juga mempercepat penarikan uang tidak layak edar. Bank SulutGo Cabang Melonguane yang dipercaya menjadi Bank Pengelola Kas Titipan BI tentu telah siap. Kantor telah direnovasi dan ruangan telah disediakan," kunci lelaki berkacamata ini.(fik/ria)

Kirim Komentar