06 Nov 2017 12:47

KPU Temukan 400 KTA Ganda

MyPassion

MANADO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado, masih melakukan penelitian administratif dan sudah diikuti dengan turun melakukan penelitian faktual. Saat dikonfirmasi Minggu (5/11), Ketua KPU Kota Manado Yusuf Wowor mengungkapkan, tim yang ditugaskan melakukan penelitian faktual sudah turun menjalankan tugasnya.  Dalam penelitian mulai ditemukan kegandaan lintas partai dan internal partai calon peserta pemilu.

 

“Ketika ditemukan kegandaan, KPU turun melakukan faktual dan menemui oknum yang memiliki nama ganda tersebut,” tukasnya, sembari menambahkan kegandaan ditemukan di lintas partai, ada pula nama ganda di partai yang sama. Wowor menjelaskan ketika ditemukan kegandaan KPU langsung menemui secara persuasif dan meminta kepastian.

Komisioner KPU Kota Manado divisi hukum Rommy Polii menambahkan, KPU Kota Manado sudah menemukan kegandaan sekira 400 orang. “Ada beda partai, ada ganda di satu partai,” tutur Polii sembari menambahkan, data kegandaan didapatkan dari Sipol pusat.

Ketika pusat mulai mengirimkan daftar nama ganda maka KPU kabupaten/kota langsung melakukan faktual. “Hampir semua partai yang mendaftar memiliki kegandaan. Itu pun KPU Kota Manado sementara memeriksa daftar tersebut jadi mungkin bisa berpotensi semua partai memiliki kegandaan. Tergantung data yang sementara diperiksa,” ungkapnya, sembari menambahkan selanjutnya akan ada waktu partai politik melakukan perbaikan. Jika tidak, parpol terancam tidak lolos.(baladewa/gel)

Komentar
Kirim Komentar