04 Nov 2017 11:03

Manado `Dikepung` Bangunan Ilegal

MyPassion

MANADO—Diperkirakan 65 persen bangunan di Kota Manado tak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Termasuk rumah warga. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) Kota Manado Bismark Lumentut SE.

 

“Kalau melihat rasio pembangunan rumah di Manado, 65 persen bangunan termasuk rumah warga tidak memiliki IMB. Kami meminta semua bangunan di Manado taat aturan. Karena Pak Wali Kota tidak mau sampai ada bangunan yang dibongkar karena tidak memiliki IMB,” katanya.

Lanjutnya, kalau sudah diberikan surat peringatan sampai tujuh kali tidak boleh mendirikan bangunan, tetapi tidak didengar, pihaknya akan meminta bantuan penegak hukum untuk dibongkar. ”Jadi kami meminta masyarakat atau pelaku usaha sebelum mendirikan bangunan IMB-nya diurus. Jangan sampai bangunannya sudah selesai tetapi IMB-nya tidak diberikan karena tidak sesuai RTRW,” ungkapnya, sembari menambahkan, untuk memperketat pengawasan IMB, pihaknya berkoordinasi dengan kecamatan sebagai ujung tombak pembangunan.

Dari data di DPM dan PTSP Kota Manado, 955 unit yang mengajukan permohonan IMB, diproses hanya 412 unit. Sisanya 322 unit ditolak karena tidak sesuai RTRW. Wali Kota Manado Vicky Lumentut meminta kecamatan dan kelurahan mengawasi pembangunan di wilayah masing-masing. ”Kalau ada yang membangun, harus ditanya apakah sudah mengurus IMB. Kalau belum pembangunannya harus dihentikan. Jangan diteruskan sampai ada IMB,” tegas Lumentut.(ite)

Kirim Komentar