03 Nov 2017 14:09

DAS Tondano jadi Arena Balap

MyPassion
SERU: Peserta saat kebut-kebutan adu cepat di DAS Tondano dalam lomba perahu dayung, kemarin (2/11).

MINAHASA – Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano kemarin (2/11) menjadi arena balapan. Puluhan perahu dayung berlomba ngebut-ngebutan di sungai yang mengalir di belakang taman God Bless Minahasa (GBM).  Lomba ini turut menjadi bukti DAS Tondano kini bebas eceng gondok.  Peserta yang seluruhnya berprofesi sebagai nelayan ini terlihat antusias mengikuti lomba. Mereka berpacu untuk merebut juara, dimana baik juara 1, 2 dan 3  mendapat hadiah uang tunai dari panitia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Siby Sengke mengatakan, salah satu tujuan dilaksanakannya lomba ini yakni untuk melestarikan penggunaan perahu tradisional dikalangan masyarakat pesisir DAS. “Selain menunjukkkan sungai Tondano sudah bebas eceng gondok, lomba ini juga dimaksudkan untuk melestarikan perahu tradisonal," ujar Sengke.

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) sendiri ikut menyaksikan lomba. Didampingi Sekkab Minahasa Jeffry Korengkeng dan Asisten Bidang Pemerintahan Denny Mangala. JWS juga turut menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba. “Tentunya lomba ini positif. Juga baru di Minahasa,” katanya. “Lomba ini juga memperlihatkan DAS Tondano sudah bebas eceng gondok,” pungkas JWS. (cw-01/fgn)

Kirim Komentar