03 Nov 2017 13:33

18 November Diumumkan, 44 Kandidat Berebut Tiket di PDI-P

MyPassion

MANADO—Selama sepekan membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, PDI Perjuangan (PDI-P) menuai 44 kandidat. Jumlah ini dirangkum untuk empat daerah peserta Pilkada, yakni Bolmong Utara, Kotamobagu, Sitaro, dan Talaud. Paling banyak pendaftar adalah Talaud, berjumlah 22 orang. Dijelaskan Sekretaris PDI-P Sulut Franky Wongkar, dari empat daerah tersebut, tiga di antaranya bersifat terbuka terbatas.

“Tim penjaringan mengirim surat undangan pada mereka. Ada yang penuhi ada juga tidak. Khusus Talaud, kita bukan untuk umum,” papar Wongkar. Setelah tahapan pendaftaran ini, bakal ada verifikasi berkas, tes tertulis dan tes psikologi, wawancara, dan DPP mengeluarkan nama. “Di sela-sela itu, survei akan kembali kita lakukan. Jadi para kandidat harus rajin sosialisasi, termasuk menggunakan media massa agar elektabilitas semakin bagus. Ini sangat berpengaruh pada penentuan calon nanti,” sebut Wakil Bupati Minahasa Selatan ini.

Sebelum 18 November, lanjutnya, PDI-P Sulut akan membuka pendaftaran untuk Kabupaten Minahasa dan Minahasa Tenggara (Mitra). “Mungkin pekan depan, atau paling lambat dua pekan depan sudah dibuka pendaftaran. Kita usahakan secepatnya agar bisa diumumkan di DPP pada 18 November mendatang,” papar Wongkar.

Menariknya, ditambahkan anggota tim penjaringan Ferry Wowor, sangat mungkin jika Minahasa sistemnya terbuka. “Jadi bukan hanya Talaud yang kita buat terbuka bagi umum. Daerah lain juga bisa, salah satunya Minahasa,” sebut Wowor. Wakil Ketua DPD PDI-P ini juga mengatakan, keputusan sistem seperti apa yang akan diberlakukan untuk Minahasa, akan ditentukan dua hari sebelum pendaftaran dibuka. “Intinya kami ingin menang,” tukas Wowor.

Sementara Ketua DPC PDI-P Talaud Lucky Senduk menuturkan, khusus Talaud ada sejumlah pimpinan partai yang mendaftar. Di antaranya Partai Golkar, Hanura, PKPI, PRD, dan NasDem. “Kita bertekad merangkul semua parpol di Talaud untuk ikut bergabung dengan PDI-P. Tak masalah jika akhirnya hanya calon tunggal di sana,” tutup Senduk.

Selain itu dari pantauan, ada tiga incumbent yang mendaftarkan diri di PDI-P. Di antaranya Bupati Bolmut Depri Pontoh, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, Wakil Bupati Talaud Petrus Tuange. Sebenarnya Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip ikut mendaftar. Namun karena sedang tugas di luar negeri, Manalip mengirim utusan.

Hanya saja dijelaskan tim penjaringan, pendaftaran Manalip ditolak karena harus hadir fisik. “Ada banyak hal yang wajib kami sampaikan sehingga kehadiran yang bersangkutan sangat dibutuhkan,” tandas Wongkar, didampingi tim Jus Tumurang, Gene Waani, Sandra Rondonuwu, Mikson Tilaar, dan Vonny Paat.(gel)

Kirim Komentar