02 Nov 2017 07:54
Rumengan: Jika Ditemukan Akan Didiskualifikasi

Pengurus Parpol Tak Bisa Jadi Calon BPMS GMIM

MyPassion

MANADO -  Calon Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) periode 2018-2022 bukan pengurus partai politik. Artinya, mereka yang menjabat sebagai pengurus partai politik apa pun itu, selama empat tahun terakhir. “Jika ditemukan akan didiskualifikasi,” tegas Wakil Ketua BPMS Bidang Ajaran, Pembinaan dan Penggembalaan (APP) Pdt Arthur Rumengan MTeol.

 

Selain itu, beber Rumengan, keanggotaan BPMS hanya dapat dipilih untuk dua periode pelayanan berturut dalam semua jabatan. Praktis, Ketua BPMS Pdt HWB Sumakul dan Wakil Ketua Bidang APP Pdt Arthur Rumengan sudah tak bisa dipilih. Di Periode 2010-2014, Pdt Sumakul menjabat Wakil Ketua BPMS Bidang APP, sedangkan Pdt Rumengan dipercayakan Sekretaris BPMS. “Calon BPMS ialah mereka yang terjaring sebagai bakal calon dan yang telah ditetapkan Sidang Majelis Sinode sebagai calon BPMS yang akan dipilih,” paparnya.

 

Menurutnya, untuk pemilih adalah semua Anggota Majelis Sinode (AMS), sesuai Peraturan Tentang Sinode Bab III Pasal 4, yang hadir dalam sidang majelis sinode. Nantinya, pemilihan calon BPMS, sesuai jadwal yakni minggu pertama Januari 2018. Dimulai penjaringan bakal calon BPMS, MPS dan BPPS. “Kemudian, minggu kedua Februari 2018 akan ada pengumuman bakal calon BPMS, MPS dan BPPS. Juga pengumuman bakal calon komisi ketegorial sinode (BIPRA)," bebernya.

Lanjutnya, minggu pertama Maret 2018, akan ada pemilihan komisi pelayanan kategorial sinode. Dilanjutkan minggu keempat Maret 2018, pemilihan BPMS, MPS dan BPPS dalam Sidang Majelis Sinode. “Kemudian lanjut dengan penetapan dan pelantikan BPMS, MPS dan BPPS dalam Sidang Majelis Sinode," urainya.

Terkait pemungutan suara, sesuai ketentuan. Yaitu, jumlah pemilih yang hadir sekurang-kurangnya dua per tiga dari jumlah yang berhak memilih  pada hari dan jam yang sudah ditentukan. "Bila ketentuan tersebut belum terpenuhi, maka waktu pemilihan ditunda satu minggu dan pemilihan tunda dilaksanakan tanpa melihat syarat kuorum kehadiran. Kemudian pemungutan suara dilaksanakan seara perorangan (tidak dapat diwakilkan), tertulis dan menggunakan surat suara atau alat elektronik yang disediakan panitia," kuncinya. (ela/ite)

Kirim Komentar