02 Nov 2017 14:10

Pengumpulan KTP 1600 Tenaga Honor, Ini Penjelasan Sekda

MyPassion

KOTAMOABAGU — Beberapa waktu lalu, Pemkot Kotamobagu mengumpul KTP dari sekira 1.600 tenaga honor. Tindakan ini menuai pro dan kontra. Bahkan, sejumlah pihak mengaitkan dengan tensi politik dimana Wali Kota Tatong Bara bakal maju kembali bertarung di Pilkada tahun depan. Namun, pengumpulan KTP yang sudah dipolitisasi ini diklarifikasi oleh Sekkot Adnan Massinae.

Dijelaskannya, pengumpulan KTP bagi para tenaga kontrak guna untuk pembukaan rekening gaji. “Ada yang sudah mengartikan lain soal pengumpulan KTP. Perlu diketahui bahwa KTP ini untuk dibukaan rekening gaji bukan tujuan politik,” ujar Masinae.

Dirinya menjelaskan, selama ini pembayaran gaji untuk tenaga kontrak dilakukan secara manual. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Pemkot akan menerapkan sistem pembayaran gaji untuk tenaga kontrak lewat rekening. “Jadi tujunnya untuk pembayaran gaji, tidak ada tujuan lain,” ungkapnya.

Massinae menuturkan, tenaga kontrak juga masuk kategori pegawai pemerintah. Pasalnya mereka bekerja dan gaji sesuai dengan jam kerja, sehingga masuk pelanggaran juga ketika diketahui ada tenaga kontrak yang mengumpulkan KTP untuk mendukung kandidat.

“Pegawai kontrak yang masuk kategori P3K, yaitu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara telah disahkan dan ditetapkan. Salah satu ketentuan dalam UU ASN tersebut adalah jenis pegawai ASN yang terdiri dari PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)” jelas Adnan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kotamubagu Rio Lombone menambahkan, pihaknya saat ini makin selektif terkait pembayaran gaji. Rencana tahun anggaran 2018 mendatang, gaji untuk tenaga kontrak akan langsung ke rekening. “Ini guna menghindari terjadi penyelewengan. Bahkan pemotongan pembayaran gaji untuk tenaga kontrak yang tidak masuk kerja, itu secara otomatis akan terdata melalui rekening,” tutupnya. (cw-04/fgn)

Komentar
  • MyPassion

    Harison
    02 Nov 2017 20:21

    Government should help the works for there payment procedure make sure they get contract with company and Organization should entertained them with facilities. The students have opportunity to get cheap research papers for sale here
Kirim Komentar