02 Nov 2017 13:11
Sebelum 16 Desember Harus Terserap

956 Miliar Masih Terparkir

MyPassion

MANADO—Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota Manado tersendat. Sampai 27 Oktober 2017, realisasi anggaran baru Rp 956,6 miliar atau 51,42 persen dari total APBD Rp1,8 triliun. Wali Kota Manado Dr Vicky Lumentut meminta perangkat daerah memaksimalkan waktu memacu realisasi anggaran. ”Kalau ada kegiatan yang tidak bisa selesai jangan dipaksakan karena waktu tersisa tinggal dua bulan,” ungkap orang nomor satu di Kota Manado, dalam rapat evaluasi kinerja perangkat daerah.

 

Dia menjelaskan, batas pemasukan dokumen 15 Desember 2017. Kalau lewat 16 Desember akan masuk utang dan dibayarkan  di APBD-P 2018. ”Kalau ada pekerjaan yang tidak selesai silakan lakukan penyelesaian. Kalau perlu adendum, harus jelas supaya tidak bermasalah dan menjadi temuan BPK. Kalau tidak, putuskan saja kontraknya,” jelasnya.

Pihaknya tidak akan memberikan ruang bagi pihak ketiga untuk melanjutkan pekerjaan setelah selesai 31 Desember. Karena pekerjaan dibayarkan sesuai progress. ”Jangan berani membayarkan pekerjaan yang belum dikerjakan. Walaupun sudah menunjukkan bukti pengiriman. Pastikan dokumen pertanggungjawaban lengkap. Karena kita bertekad meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Peter Assa ketika dikonfirmasi mengatakan, rendahnya realisasi anggaran dikarenakan pihak ketiga lambat mengurus pencairan. ”Kalau melihat realisasi fisik pekerjaan di PUPR rata-rata sudah 70-an persen. Ada juga yang sudah 100 persen,” ujarnya.

Terpisah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado Erwin Kontu menambahkan, terhambatnya realisasi anggaran karena ada pengadaan perlengkapan Smart City yang sementara berproses. ”Kami yakin November semua terserap 100 persen,” singkatnya.(ite) 

Komentar
  • MyPassion

    elizabethrboatright
    03 Nov 2017 15:53

    Thank you for this excellent post. I really love the way of presentation. The contents were very opt to the topic and it is very easy to understand. Always keep the same quality of contents in your blog. I have got good writing structure from custom essay writing service. Give a visit to it.
Kirim Komentar