02 Nov 2017 13:25

2017, 137 Kasus Selingkuh Ditangani PN Tahuna

MyPassion
Ilustrasi

SANGIHE—Mulai Januari-November 2017, terdapat 137 kasus perceraian yang ditangani Pengadilan Negeri (PN) Tahuna. Kepala Pengadilan Negeri Tahuna Zaka Talpatty SH MH mengatakan, tingginya angka perceraian ini disebabkan oleh beberapa faktor. “Faktor utama karena perselingkuhan,” katanya.

Dikatakannya, selain faktor perselingkuhan, kasus perceraian disebabkan karena faktor ekonomi, dan kekerasan dalam rumah tangga. “Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) angka perceraian juga meningkat. Kalau tahun 2016 ada enam ASN yang bercerai, pada tahun 2017 terdata 11 ASN,” tambahnya. Terpisah, Kepala BKDD Sangihe Ratna Lombongadil melalui Kabid Binwas Steven Lawendatu menambahkan, ASN yang bercerai didominasi oleh tenaga guru.”Penyebabnya mulai dari ketidak cocokan maupun orang ketiga," ujar Lawendatu.

Dia juga menambahkan, sebelum memberikan rekomendasi kepada Bupati, pihaknya berupaya mendamaikan kedua bela pihak. Namun upaya tersebut menemui jalan buntu, karena niat mereka telah bulat berpisah dengan pasangannya masing-masing."Kami sangat prihatin karena angka perceraian ASN meningkat dari tahun ke tahun. Mudah-mudahan tahun  depan kasus perceraian di Sangihe menurun," harapnya. (tr-08/ite)

Kirim Komentar