02 Nov 2017 10:51
Anggaran Belanja Ditargetkan 3,8 Triliun

16 November, APBD 2018 Sah

MyPassion

MANADO—Eksekutif dan legislatif menggenjot pembahasan RAPBD 2018. Ditargetkan pada 16 November 2017 sudah ditetapkan. Rabu (1/11) kemarin digelar rapat paripurna persetujuan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.

Dalam pemaparan Gubernur Olly Dondokambey di paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Andrei Angouw itu, dia menyampaikan pembangunan daerah seperti pengembangan pariwisata dan iklim investasi yang kondusif, kemiskinan dan pengangguran, kualitas SDM melalui pendidikan dan kesehatan, pengembangan kawasan pertumbuhan baru dan KEK, serta ketahanan pangan jadi prioritas 2018. "Semua perangkat daerah diharapkan kooperatif dalam pembahasan nanti sehingga sasaran dan prioritas pembangunan daerah dapat kita selesaikan bersama secara baik dan tuntas,” tutupnya.

Usai paripurna, dipimpin Angouw digelar rapat Badan Musyawarah (Banmus) untuk menetapkan jadwal pembahasan. Diungkapkan Angouw, mulai pekan depan akan dilakukan pembahasan antara perangkat daerah dan DPRD. “Diawali dengan pemandangan umum fraksi, selanjutnya pembahasan RKA antara perangkat daerah dan komisi. Rabu (15/11) sinkronisasi, dan penetapan dilakukan Kamis (16/11),” bebernya.

Ditambahkan Wakil Ketua Stefanus Vreeke Runtu (SVR), pembahasan selama sepekan antara perangkat daerah dan komisi dinilai lebih dari cukup. “Jadi sangat ideal jika APBD kita ditetapkan 16 November,” tandasnya. Diketahui, sesuai dengan pembahasan antara TAPD dan Banggar beberapa waktu lalu, besaran anggaran belanja RAPBD 2018 cukup fantastis yakni Rp 3,8 triliun dengan belanja tidak langsung Rp 2,2 triliun dan belanja langsung Rp 1,6 triliun.(***)

Kirim Komentar