01 Nov 2017 09:19
Mengunjungi Mitsubishi Motors Research and Development-Okazaki

Test Drive Eclipse Cross si Mobil Juara

MyPassion
TEST DRIVE: Jurnalis dari beberapa negara diberi kesempatan merasakan ketangguhan dan kenyamanan SUV terbaru dari Mitsubishi dengan track bergelombang, tikungan tajam, dan miring. Foto lain Pebalap Rifat Sungkar menjajal ketangguhan Eclipse Cross di circuit test Mitsubishi Motor RnD-Okazaki. Foto: MMC, Cesyl/MP

KETATNYA persaingan di dunia otomotif memacu Mitsubishi Motors Company untuk terus berinovasi.  Tahun depan, pabrikan Jepang yang kini beraliansi dengan Renault dan Nissan itu meluncurkan Eclipse Cross.

 

Laporan: Cesylia Saroinsong, Okazaki

Setelah menumpangi kereta Nozomi Shinkansen dari JR Station Tokyo, bullet train berkecepatan 270 km/jam ini berhenti di Nagoya.Hanya butuh sekira 90 menit saja untuk tiba di Nagoya yang jaraknya 352 km dari Tokyo. Nagoya merupakan kawasan industri yang memiliki pendapatan terbesar ke empat setelah Tokyo, Yokohama, dan Osaka.

Perjalanan menuju Mitsubishi Motors Company dilanjutkan dengan bus. Sekira sejam,  bus tiba di pusat pengembangan Mitsubishi-Okazaki. Di sinilah Mitsubishi memamerkan mobil generasi terbarunya. Eclipse Cross. Mobil terbaru Mitsubishi ini adalah kombinasi teknologi tinggi dan desain yang menarik. Jurnalis dari Asia dan Eropa diberi kesempatan menjajal ketangguhan mobil yang pertama kali dikenalkan di Geneva Motor Show, Maret 2017.

Ada juga pebalap Indonesia Rifat Sungkar. Mobil yang digunakan berkapasitas 1.500 turbo. "Small engine, efisien tapi bertenaga besar," katanya. Eclipse Cross berbeda dengan kendaraan lain di kelasnya. Desainnya yang atraktif menjadi pembicaraan di kalangan penyuka otomotif. "Mobil ini adalah new future compact SUV," tambah dia.

Benar saja. Saat test drive, SUV ini mampu melaju stabil pada kemiringan kira-kira 30 derajat dengan kecepatan 120 Km/jam. Adrenalin berpacu kencang ketika mobil dipacu pada kecepatan itu, miring pula. Pun, ketika melewati jalan berlubang, getarannya sangat minim.

Sedangkan bagi Rifat, test drive ini menjadi kesempatannya untuk memacu kendaraan pada kecepatan maksimal. Sistem 4x4 dilengkapi teknologi SAWC membuat mobil ini tak terasa melayang meski dipacu pada kecepatan 150 Km. "Teknologi SAWC mempunyai reputasi baik yang selalu memberikan handling dan atraksi maksimal. Itu paket menarik perpaduan compact dan SUV," katanya di Mitsubshi Motors Research and Development-Okazaki. Memaksimalkan speed hingga 150 Km pun terasa begitu mudah. "Mesinnya juara deh. Terasa kemitsubishiannya," lanjut Rifat.

Bagi anak muda dan kalangan eksekutif, feature entertainment nyaris sempurna. Aplikasi audio visualnya sangat canggih. Cukup dengan sentuhan untuk menikmatinya. Kemudahannya juga ditunjang dengan posisi touch pad controller tepat di samping kanan gear. Mudah dijangkau dan terkoneksi dengan display 7 inch yang terletak di tengah dashboard. Untuk dimensi, SUV ini terlihat besar dengan 4,405 × 1,805 × 1,685mm. Tampak luar mobil ini sangat sporty dan agresif dengan garis tegas.

Selain mesin 1.500, Eclipse Cross juga hadir dengan mesin 2.000 L. Menurut Yuichiro Hayasi, Chief Product Specialist, Eclipse Cross dihadirkan untuk orang yang memiliki kepercayaan tinggi dengan dirinya. "Mobil bertualang modern untuk masa depan," ungkap di ruang presentasi.

Sekira enam jam berada di pusat pengembangan itu, sekira pukul 15.30 waktu setempat, media Indonesia bersama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia kembali ke Tokyo. Untunglah menumpangi Shinkansen. Perjalanan pulang tidak terasa berat. (***)

Kirim Komentar