01 Nov 2017 13:57

Jumlah Pelanggar Lalin Memprihatinkan

MyPassion

MINAHASA – Pelanggaran lalu lintas di wilayah kepolisian Minahasa memprihatinkan. Tercatat, sesuai data Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Minahasa, jumlah pelanggaran selang Januari hingga September berada di angka 3.490  kasus (lihat grafis, red).

Angka yang tidak sedikit ini menjadi pekerjaan rumah untuk terus diminimalisir. Kapolres Minahasa AKBP Christ Pusung melalui Kasat Lantas Polres Minahasa AKP Ruddy Repi tak menampik hal ini. “Kesadaran dan pemahaman masyarakat yang masih minim jadi penyebab utama pelanggaran yang terus meningkat ini,” ujar Repi.

Namun, dia mengatakan, pihaknya terus meningkatkan edukasi untuk menekan angka palanggaran ini. “Beberapa upaya kita terus melakukan sosialisasi bahkan edukasi untuk menekan tingkat pelanggaran,” pungkas Repi.

Dia mengatakan, tingginya angka pelanggaran lalu lintas yang didominasi oleh anak muda ini juga butuh peran orang tua.  “Harusnya ada edukasi dari orang tua karena resiko jatuh korban jiwa sangat besar kemungkinannya,” katanya.

Olehnya, guna menekan angka tersebut, pihaknya akan menggelar Operasi Zebra yang bakal berlangsung hingga dua pekan kedepan. “Ini salah satu bentuk preventif kita. Selain melakukan razia kendaraan, sosialisasi dan edukasi, program Police Goes to School juga terus ada,” ungkap mantan anggota PJR Polda Sulut ini.

Operasi Zebra ini digelar serentak di seluruh Indonesia. “Lengkap surat-surat seperti SIM dan STNK. Menggunakan Helm berstandar SNI,  lampu utama baik wajib dipasang. Nah, untuk roda empat harus mengenakan safety belt/sabuk pengaman bagi pengendara. Tak lain tujuannya, untuk keselamatan bagi pengendara,” tutup Repi. (cw-01/fgn)

Kirim Komentar