31 Okt 2017 12:43

Lampu Merah Dipasangkan CCTV

MyPassion

MANADO—Padatnya arus kendaraan di Kota Manado, termasuk di beberapa lampu merah membuat pemerintah menggunakan Area Control Sistem (ACS) di traffic light (lampu lalu lintas).

 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Manado M Sofyan mengatakan, dalam waktu dekat ini ada dua lampu merah yang akan menikmati teknologi ini. Yakni Perempatan Teling dan Komo. ”Sekarang ACS sementara proses tender. Kemungkinan dalam waktu dekat terpasang,” ungkapnya.

Menurut Sofyan, satu ACS harganya sampai Rp 500 juta. Dikarenakan ACS satu paket dengan CCTV, server, dan menggunakan teknologi canggih. ”Jadi lewat ACS arus kendaraan dapat dikontrol langsung dari Kantor Perhubungan. Kami bisa mempercepat dan memperlambat lampu merah tergantung kepadatan arus kendaraan,” jelasnya. 

Ditambahkanya, ACS ini juga akan mempermudah tugas dari petugas di lapangan untuk mengatur arus lalu lintas di lampu merah yang padat kendaraan. “Penggunaan ACS merupakan komitmen pemerintah untuk mewujudkan  visi Manado Kota Cerdas 2021,” tambahnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kota Manado Donald Wilar menambahkan, 2018 direncanakan Dishub Kota Manado mendapatkan bantuan 5 unit ACS dari pemerintah pusat. ”Nantinya ACS ini akan dipasang di lima tempat berbeda yaitu di jalan Paal Dua, Pikat, Zero Point, Martadinata, dan Politeknik,” sebutnya.

Micky Pandean, warga Kota Manado menyambut positif langkah Dishub menggunakan ACS di lampu merah Teling dan Komo.”Sebab pada jam tertentu di Teling dan Komo macet panjang. Dengan ACS ini petugas Dishub dapat mempercepat dan memperlambat lampu merah tergantung kebutuhan sehingga tidak menimbulkan kemacetan,” harapnya.(ite)

Kirim Komentar