28 Okt 2017 09:03

MP Rembuk Kampung di Sindulang Dua

MyPassion

MANADO—Imbauan Pemerintah Kota Manado tidak membuang sampah sembarangan tak pernah henti.  Begitupun saat pelaksanaan program bersih lingkungan dan dialog interaktif, Manado Post Rembuk Kampung di halaman RM Sabrina Kelurahan Sindulang Dua Kecamatan Tuminting, Jumat (27/10), kemarin.

 

Kadis Lingkungan Hidup (LH) Johanis Waworuntu mengingatkan warga di pesisir pantai Manado tidak membuang sampah sembarangan. “Semua potensi di laut telah kita nikmati gratis. Jika laut dikotori maka semua ikut tercemar,” katanya.

Waworuntu juga menuturkan saat ini Pemkot Manado meminimalisir sampah plastik. “Salah satu terobosannya membuat kubus apung,” tuturnya. Saat ini tambah Waworuntu, Dinas LH Manado meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat untuk tidak lagi ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS). “Jadi sampah rumah tangga diletakkan di depan rumah, nanti petugas yang akan menjemput,” pungkasnya.

Polres Manado pun gencar penyuluhan keamanan dan penanggulangan bencana. “Miras salah satu penyebab kriminalitas di Manado. Mengonsumsi Miras sudah jadi kebiasaan sebagian orang Manado. Maka cara mengurangi tingkat kejahatan adalah ubah prilaku kita,” jelas Kasat Binmas Polres Manado Kompol  Adi Wianto.

Masalah kemacetan yang kini melilit ibu kota Sulawesi Utara itu, ternyata jadi pembahasan. Menurut Kasat Lantas Polres Manado Kompol Marganda Aritonang penyebab kemacetan yakni kuota taksi online yang membludak dan tidak adanya terminal untuk angkot. “Jadi wajar kalau di zero point selalu macet. Karena tidak ada persinggahan sementara atau terminal untuk angkot,” paparnya.

Fatma bin Syech Abubakar anggota DPRD Manado dapil Tuminting-Bunaken mengatakan saat ini Sindulang Dua selalu aman. “Sindulang Dua jadi contoh baik kebersihan lingkungan begitupun keamanannya. Sehingga semua agama dan suku rukun,” katanya.

Politisi PPP itu juga meminta kalau bisa Polri terus memantau keamanan di sejumlah wilayah di Tuminting yang masih rawan. Kegiatan ini diawali dengan senam zumba didukung Honda DAW, Komix Lo Han Kuo Bintang Toedjoe, Indomaret, Aqua, Dinkes Manado, PMI Sulut, Bulog, Ko Kui Owner RM Sabrina dan Lurah Sindulang Dua Jerril Tumiwa. (isw)

Kirim Komentar