28 Okt 2017 07:34

Cukai Naik, Harga Rokok Bisa 30 Ribu

MyPassion
Ilustrasi

MANADO – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi menetapkan kenaikan tarif cukai rokok tahun 2018. Ketentuan itu tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 146/PMK.010/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau yang diteken Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada 24 Oktober 2017 lalu. Berdasarkan aturan tersebut, kenaikan cukai hasil tembakau terbesar berada pada golongan sigaret putih mesin di kisaran 12 hingga 22 persen.

Harga rokok pun diprediksi naik 10 persen. Di Manado, jika satu bungkus rokok paling mahal dijual Rp 26 ribu, maka jika kenaikan 10 hingga 12 persen maka bisa menembus Rp 30 ribu per bungkus.

Pengamat Ekonomi Sulut Joy Tulung PhD menanggapi, dengan kenaikan harga cukai rokok tentu akan menyebabkan kenaikan harga rokok. Dan pasti akan berpengaruh pada perolehan pajak daerah. “Mengingat tingkat konsumsi rokok masyarakat Sulut tergolong tinggi. Berada 10  besar nasional jika dilihat dari proporsi perokok terhadap jumlah penduduk yaitu sekitar 30,5 persen,” beber Tulung.

Namum, lanjut akademisi Unsrat ini, masih perlu diperhatikan bahwa kalau dilihat dari volume penjualan industri rokok nasional pada tahun 2016, dimana pertumbuhan sangat rendah. “Maka tentu dengan kenaikan harga cukai akan berpengaruh terhadap volume penjualan yang artinya juga akan berdampak terhadap perolehan pajak daerah,” terang Tulung. “Ada kemungkinan perokok akan mengurangi volume pembeliannya jika harga rokok naik,” katanya.

Berkurangnya volume pembelian, sambung dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat ini berarti volume penjualan akan berkurang. Dan dengan berkurangnya volume penjualan, tentunya akan berpengaruh terhadap pendapatan. “Walau demikian itu belum bisa dipastikan juga karena tentunya ada hitung-hitungannya. Bisa jadi walau volume penjualan berkurang tetapi dengan harga yang naik akan tetap menambah pendapatan,” pungkas Tulung.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu Heru Pambudi mengungkapkan, besaran kenaikan tarif cukai rokok ditetapkan dengan mempertimbangkan empat faktor yaitu kesehatan, industri, tenaga kerja dan penerimaan negara. “Kami pertimbangkan secara bersama sama dan perlu harmonisasi dari beberapa faktor tadi dan tentunya pemerintah telah menetapkan bahwa average-nya sekitar 10,04 persen. Saya kira (tarif, red) adalah yang sudah terbaik dengan mempertimbangkan empat faktor tadi,” ujar Heru.

Karenanya, Heru membantah tudingan Yayasan Lembaga Konsumsi Indonesia (YLKI) yang menilai bahwa kenaikan tarif cukai tahun depan terlalu memihak pada industri rokok. “Di satu sisi kami sudah mendengar masukan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kemenkes termasuk pemerhati di bidang kesehatan, tetapi juga satu sisi kami pertimbangkan bahwa tahun ini juga terjadi penurunan produksi rokok yang signifikan,” ujarnya.

Selain itu, Heru juga menekankan bahwa kebijakan pemungutan cukai tujuan utamanya bukan untuk mendongkrak penerimaan tetapi untuk mengendalikan konsumsi barang-barang yang dianggap perlu dikendalikan konsumsinya.

Adapun target penerimaan cukai tahun depan telah ditetapkan sebesar Rp 155,4 triliun dengan Cukai Hasil Tembakau (CHT) sebagai penopang terbesar di angka Rp 148,23 triliun atau naik 0,5 persen dibanding APBN-P 2017 sebesar Rp 147,49 triliun. Selain menetapkan tarif cukai, PMK 146/2017 juga menetapkan harga jual eceran rokok. (cnn/fgn)

Komentar
  • MyPassion

    karina safa
    28 Okt 2017 21:23

    PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGAKU INI BUKAN CERITA ATAU PUN REKAYASA BENER-BENER TERBUKTI SAMA SAYA. Terima kasih sebesar-besarnya yang kami ucapkan kepada mbah warjoh yang telah memberikan keberhasilan dan keberuntungan bagi keluarga saya.berkat bantuan beliau saya sekarang sudah hidup tenang karena suamiku sudah punya usaha tambak yang luasnya sekitar 5 hektar kurang lebih. begitupun juga saya dirumah buka warung sembakau dan sekarang pun saya sekeluarga tidak di kejar-kejar hutang lagi. mulanya keluarga Kami di berikan angka gaib hasil ritual dari mbah warjoh yang sangat Jitu 100% dijamin tembus.sehingga keluarga saya sekarang merasa tenang lagi.sekali lagi terima kasih mbah jasamu dikeluarga saya tidak akan terlupakan.Jika anda butuh angka gaib hasil ritual mbah warjoh silahkan Tanyakan aja Pada mbah dinomer hp beliau di: 0851 4534 4218 atau silahkan KLIK DISINI Terima kasih.
Kirim Komentar