28 Okt 2017 08:56

Awasi Pilkada Libatkan Masyarakat

MyPassion
CEGAH DAN AWASI: Komisioner Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo saat tiba di Sekretariat Bawaslu Sulut, kemarin. baladewa/MP

MANADO—Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 fokus utama penyelenggara Pemilu, salah satunya Bawaslu Sulut. Jumat (27/10) digelar launching pusat pengawasan partisipatif yang dihadiri komisioner Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo. Kesempatan ini dia menjelaskan, pusat pengawasan partisipatif mendesain beberapa metode pengawasan dalam menindaklanjuti perintah undang-undang (UU) 7 tahun 2017.

“Tugas Bawaslu bukan hanya pengawasan, tetapi juga pencegahan. Salah satunya melibatkan partisipasi masyarakat, untuk memberi ruang seluas-luasnya mencari informasi,” ungkap Ratna, sembari menambahkan, sajian Bawaslu bukan hanya bersifat naratif tapi juga ada audio visual.

Ratna juga menjelaskan, melalui desain berbagai bentuk ini Bawaslu berharap masyarakat tertarik dan lebih mempermudah mempelajari apa itu pemilu, pengawasan pemilu, dan bagaimana cara melapor jika ditemukan indikasi pelanggaran.

Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda mengatakan, pojok pengawasan untuk menjaga serta memfasilitasi apa yang dibutuhkan terkait tugas-tugas pengawasan pemilu. “Nantinya kita tahu bersama Pemilu 2019 adalah pemilihan lima kotak yang cukup berat. Tetapi kita optimis bantuan semua pihak dan komponen masyarakat Sulut dan jajaran Bawaslu, semua tugas bisa dilaksanakan dengan baik,” paparnya, sembari menambahkan, jalannya Pilkada di enam daerah 2018 diharapkan kondusif dan berjalan sukses.(baladewa/gel)

Kirim Komentar