28 Okt 2017 09:12
Festival Danau Tondano Semarakkan HUT Minahasa

2.590 Masakan Mujair Woku Masuk MURI

MyPassion
REKOR: JWS menerima piagam rekor MURI dari Senior Manager MURI Jusuf Ngadri (kedua kiri) didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh, Sekkab Jeffry Korengkeng dan Kadis Budpar Agustivo Tumundo. Foto: Julius Laatung/MP

MINAHASA – Aroma sedap mujair woku tercium di seputaran area wisata sejarah Monumen Benteng Moraya, kemarin (27/10). Aroma ini berasal dari 2.590 masakan mujair woku yang dimasak serentak dalam iven nasional Festival Danau Tondano 2017 dalam rangka memeriahkan HUT ke-589 Minahasa 5 November nanti. Masakan mujair woku ini pun memecahkan rekor MURI mujair woku terbanyak.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Agustivo Tumundo mengatakan, masakan woku terbanyak ini juga dilombakan. Pesertanya dari  perwakilan desa, kecamatan, sekolah serta SKPD. “Kita berhasil mengumpulkan 2.590 masakan mujair. Yang mana jumlah ini sudah diakui MURI sebagai jumlah masakan mujair woku terbanyak,” beber Tumundo.

Dalam agenda Festival Danau Tondano ini, dia menuturkan, juga akan dilangsungkan lomba stand up komedi. “Jadi dalam rangkaian HUT Minahasa, besok (hari ini, red) ada juga lomba stand up komedi sebelum pembukaan pameran pembangunan.  Berlangsung di kompleks Stadion Maesa Tondano,” katanya.

Sementara, Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) mengapresiasi peserta yang proaktif menyukseskan agenda pemerintah. “Luar biasa animo masyarakat dan peserta. Agenda ini akan kita patenkan tiap tahun. Tinggal diubah lagi konsepnya seperti apa,” ungkapnya. Dia pun mengharapkan, semua kegiatan dalam rangka menyambut HUT Minahasa dapat berlangsung dengan baik dan lancar. “Sukseskan semua acara sampai HUT Minahasa nanti,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Panitia HUT Minahasa Denny Mangala mengatakan, lewat rangakaian kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan gaung Minahasa sebagai destinasi tujuan wisata di Indonesia. “Lebih dari itu, iven ini diharapkan mampu menarik investor dan perusahaan besar berinvestasi di Minahasa. Karena potensi kita besar, tinggal dikreasikan dan perlu dukungan semua pihak,” kata Mangala.

Iven kemarin diawali dengan fun walk dengan lokasi start di Lapangan God Bless Minahasa. Fun walk yang dikomando Bupati JWS didampingi Forkopimda ini dikuti juga oleh ribuan warga baik ASN maupun masyarakat. Fun walk finish di Benteng Moraya yang dilanjutkan dengan penampilan Gio Idol, Isty Julisty dan stand up komedi dari Mongol Stres. (adrian/cw-01/fgn)

Komentar
Kirim Komentar