27 Okt 2017 13:25

NasDem Sulut Bentuk Komisi Saksi

MyPassion
KONSISTEN: Ketua DPW NasDem Sulut Elman Saragih saat melantik KSN di 15 kabupaten/kota, kemarin. foto: Baladewa Setlight/MP

MANADO—Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kamis (26/10) membentuk Komisi Saksi NasDem (KSN). Kader 15 kabupaten/kota se-Sulawesi Utara (Sulut) hadir, termasuk pengurus inti serta Ketua Komisi Saksi NasDem pusat I Putu Artha. Ketua Dewan pimpinan daerah (DPW) Elman Saragih melantik langsung ketua, sekretaris, bendahara setiap perwakilan kabupaten/kota.

Kesempatan ini, Putu melakukan pelatihan dengan berbagai pemaparan materi serta tanya jawab. Simulasi pemilihan juga dilakukan dalam persiapan di tempat pemungutan suara (TPS). Sebelumnya digelar tes tertulis. Menurut Saragih kegiatan ini dalam persiapan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. “Fungsi saksi mengawal jalannya pemilihan dan menjaga jangan sampai suara partai tidak hilang. Juga menjadikan pemilu yang bersih dan demokratis,” bebernya.

Meski KPU menyiapkan saksi, namun NasDem ikut membantu dengan mengirimkan saksi yang telah siap dan matang untuk mengawal jalannya pemungutan suara. NasDem komitmen akan membantu KPU dan Bawaslu. "Kita akan melakukan kegiatan lanjutan di kabupaten/kota, agar saksi memiliki kualitas," tukasnya, sembari menambahkan, bakal dilanjutkan sampai tingkat kecamatan dan ranting yaitu desa.

Di tempat yang sama Putu menambahkan, DPP NasDem telah memiliki struktur pengurus KSN tingkat pusat yang sedang roadshow ke semua DPW. "Sampai 15 Januari mendatang NasDem akan menyelesaikan pendidikan saksi di 517 kabupaten/kota se-Indonesia, agar di Pilkada dan Pemilu KSN siap," tukasnya, sembari menyatakan tetap mendukung pelatihan yang akan dilakukan penyelenggara Pemilu. "Pembiayaan pelatihan KSN langsung dari DPP bagi daerah yang tidak memiliki anggaran. Partai juga telah banyak berbincang mengenai honorarium untuk saksi serta beberapa perlindungan hukum," pungkasnya.(ctr-03/gel)

Kirim Komentar